TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Nikmat dan Sehat -Pinggang Ramping Selama Menikmati Liburan.

· · 0 comments


Saat mendampingi anak-anak liburan sekolah, kita mungkin kesulitan menerapkan menu diet yang selama ini dijalani untuk menyusutkan berat badan. Akhirnya berbagai bentuk kalori cair dan padat pun menjejali tubuh kita

Tapi sebenarnya selalu ada jalan menuju Roma yang artinya selalu ada pilihan cerdas untuk hidup sehat kita. Memberikan trik ringkas yang dapat kita lakukan selama liburan untuk tubuh proporsional kita.
Nikmat dan Sehat  ( Pinggang Ramping )  Selama Menikmati Liburan.
Menikmati Liburan.

  1. Perbanyaklah asupan air putih selama perjalanan.Air yang cukup akan membantu metabolisme tubuh tetap bekerja sebagaimana mestinya. Terlebih perjalanan jauh akan membuat kita lebih sering mengemil, inilah yang membuat kita mengonsumsi 400 kalori lebih banyak. Air juga akan membuat kita kenyang lebih lama.
  2. Jangan lupa berolahraga!Jika kita berpikir liburan adalah waktu “bermalas-malasan” ada baiknya mengganti persepsi itu. Liburan adalah waktunya relaksasi dan bukan hanya pikiran kita yang menjadi relaks tapi juga otot-otot tubuh. Relaksasi yang pas bagi otot-otot tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Tak perlu yang mengucurkan banyak keringat, cukup dengan berjalan santai, berenang, atau bersepeda di sekitar tempat liburan kita. Jika ingin sesuatu yang tak berbau olahraga namun bisa membakar banyak kalori, cobalah untuk menari selama satu jam penuh. Menari akan membuat kita membakar 300 kalori. Jumlah ini lebih banyak dari pada berenang selama satu jam yang hanya membakar 200 kalori.
  3. Jika memungkinkan pesanlah kamar yang ada fasilitas memasaknya.Beberapa penelitian menemukan fakta, saat kita liburan, kita akan makan lebih banyak. Plus masakan yang disajikan restoran jarang sekali yang menawarkan makanan-makanan dengan jumlah kalori yang aman bagi lingkar pinggang kita. Itu mengapa jika memungkinkan, pilihlah kamar yang juga memiliki dapur sehingga kita bisa memasak makanan sendiri. Jika tak bisa, manfaatkan lemari pendingin yang biasanya selalu ada di kamar hotel untuk menjaga kesegaran buah-buahan dan makanan sehat sehat yang kita bawa.4. Belilah makanan segar bukan yang siap saji.
  4. Agar asupan air yang kita nikmati berjalan lurus dengan niat langsing kita, pilihlah makanan-makanan sehat seperti buah atau yogurt bebas lemak. Ini akan membuat tubuh kita bekerja lebih ringan karena buah dan yogurt hanya mengandung 350 kalori per porsinya.


Nikmatilah liburan Anda dan tak perlu takut untuk menimbang bobot tubuh setelah pulang dari bersenang-senang, sebab jarum timbangan tak akan mengarah ke kanan selama kita melakukan trik-trik di atas. Selamat berlibur



Saat libur tiba, kita pasti memberikan kepuasan pada diri. Tapi kecenderungannya, kepuasaan itu justru membuyarkan program hidup sehat kita. Alhasil setiap kali selesai liburan kita akan panik dengan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah, hingga lingkar pinggang yang melebar. Apa seperti ini cara menikmati liburan yang kita inginkan?

Coba tanyakan pada diri sendiri, hal apa yang membuat kita kesulitan untuk menerapkan makan sehat saat liburan? Keinginan untuk mencoba makanan khas dari tempat yang dikunjungi adalah godaan terbesar. Itu mengapa liburan atau berwisata ke satu daerah kerap disandingkan dengan wisata kuliner. Tapi sebenarnya kita bisa membuat strategi khusus untuk tetap sehat sepanjang dan setelah liburan. Triknya adalah…

Liburan menggunakan mobil pribadi.
Ternyata berada di dalam mobil sepanjang hari bisa membuat tubuh kita mengonsumsi 400 kalori lebih banyak. Sebab godaan restoran junkfood bertebaran sepanjang jalan yang kita lalui. Agar tubuh bisa mengasup kalori sesuai kebutuhannya, lakukanlah :

Minum lebih banyak air, karena ternyata sirkulasi udara yang tidak lancar di dalam mobil membuat kita kehausan. Dan menurut Charles Stuart Platkin, MPH, pendiri dari dietdetective.com., rasa haus ini sering kali justru dipersepsikan sebagai rasa lapar. Ini kemudian akan diikuti dengan berhenti di satu restoran untuk memuaskan rasa yang keliru tersebut. Maka dengan selalu menyediakan air putih di dalam mobil, kita bisa terhindar dari dehidrasi dan “dorongan” lapar yang salah.

Jika terpaksa membeli makanan saat diperjalanan, pilihlah buah-buahan segar. Makan ini adalah pilihan camilan sehat yang akan membuat kita tak cepat lapar. Buah apel atau yogurt bebas lemak misalnya, kandungan kalorinya hanya 350. Kalori mini akan tak hanya akan membuat kita setia pada program hidup sehat yang tengah dijalani tapi juga mensuplai berbagai nutrisi penting bagi tubuh.

Jangan lupa, camilan sehat seperti apel dengan selai kacang. Kombinasi keduanya adalah santapan rendah kalori dengan nilai protein yang tinggi. Masukkan dalam travel cooler sehingga kondisinya tetap segar saat kita menikmati.

Udara bersih dengan nuansa alam yang mendamaikan adalah resep paling sempurna untuk membuang stres dari kepala. Tapi apakah pola makan kita mendukung semuanya? Sebab liburan sehat tak hanya meringankan beban pikiran tapi juga memperlancar metabolisme tubuh. Dan saat bersentuhan dengan alam, trik menikmati makan sehat yang dapat kita lakukan adalah…

Cobalah menjadi vegetarian. Saat merencanakan berkemah kita pasti memikirkan makanan yang hendak dibawa. Dari pada membawa daging yang butuh penyimpanan khusus dan mengundang binatang untuk datang menghampiri, lebih baik bawa sayur-sayuran serta tahu. Atau bisa juga dengan memotong-motong pisang lalu membungkusnya dalam alumunium foil. Sebelum disantap, pangang beberapa menit dan nikmati selagi hangat. Pisang panggang ini akan menjadi hidangan penutup istimewa saat kita berkemah.

Pilih buah dan almon sebagai sumber energi untuk mengeksplorasi alam. Saat kita memutuskan untuk menelusuri hutan yang kita pilih sebagai tempat berkemah, sudah pasti kita membutuhkan energi. Untuk jarak 3,2 – 4,8 km, buah-buahan atau kacang almon cukup ampuh untuk mensuplai energi dalam tubuh.

Selamat menikmati liburan dan jangan lupa buat tubuh kita bekerja lebih ringan selama kita bersenang-senang. Caranya dengan tetap memilih menu sehat sebagai santapan

0 comments:

Posting Komentar