TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Tetap Langsing Dan Tetap Cantik Sepanjang Liburan

· · 0 comments

Tetap  Langsing  Dan Tetap Cantik  Sepanjang Liburan
Tetap  Langsing  Dan Tetap Cantik  Sepanjang Liburan



Musim liburan tiba bukan berarti diet dan olahraga ikut diliburkan. Tip dari Farizk Nailan  , Professor dari School of Nutrition ini dapat membuat berat badan tetap terjaga kala kita menikmati masa liburan bersama teman dan keluarga.

Tetap tampil segar dan memesona selama mendampingi anak berlibur adalah hal yang wajar. Karena bagaimana pun juga, merias diri bukan sekadar mendapat pujian.


  1. Lakukan semua kegiatan belanja di mal besar yang mengharuskan kita berjalan kaki lebih lama. Sedapat mungkir memarkir mobil lebih jauh untuk menambah durasi berjalan kaki.
  2. Pesan minuman dalam porsi kecil dan pilih yang melangsingkan, saat ke coffee shop. Tidak perlu menambahkan gula dan pilih latte yang rendah lemak. Yang penting kita merasakan nikmatnya, tak perlu harus dihabiskan. Tambahkan bubuk kayu manis atau cokelat untuk tambahan rasa. Lakukan hal yang sama pada setiap kesepatan. Pilih produk yang bebas atau rendah lemak.
  3. Makan sebelum bepergian agar tidak tergoda untuk jajan makanan yang tidak sehat.
  4. Bawa bekal makanan sehat. Kegiatan seperti belanja, berjalan di kebun teh, atau berlarian di pinggir pantai akan menguras tenaga dan menimbulkan rasa lapar. Camilan sehat yang rendah kalori dengan paduan protein dapat mengganjal rasa lapar lebih lama. Misalnya: Campuran kismis dengan almond panggang, tortilla chip dengan saus buncis, dan cracker isi tuna.
  5. Tidak perlu menolak semua makanan lezat, tapi pastikan untuk memilih yang lebih sehat. Pilih sari buah apel dan bukan cendol, biskuit jahe lebih baik dari cake atau pie, ambil permen rasa buah alih-alih cokelat.
  6. Rencanakan menu harian kita. Jika malamnya akan menghadiri pesta atau makan malam di restoran, pilih makanan-makanan yang rendah kalori untuk menu sarapan dan siang hari. Usahakan menyempatkan diri untuk berolahraga sebelumnya. Namun, sebaiknya jangan membiarkan perut kelaparan agar saat makan malam kita tidak makan berlebihan.
  7. Rencanakan menu-menu sederhana yang sehat selama liburan. Beli bahan makanannya lalu simpan di kulkas agar kita dapat mengolahnya dengan cepat dan tidak tergoda junk food dan jajanan tidak sehat lain.
  8. Hindari stres saat liburan yang dapat mengakibatkan kita makan berlebihan. Caranya dengan membuat jadwal yang tidak terlalu padat; jangan mengiyakan semua ajakan kawan; dan saat stres datang, atur nafas sambil menenangkan pikiran.
  9. Lebih banyak mengonsumsi air mineral untuk menghilangkan kandungan sodium yang banyak ditemukan dalam makanan-makanan yang dimakan selama liburan
  10. Jadwal liburan yang padat membuat kita sulit mencari waktu untuk berolahraga. Gunakan kegiatan liburan seperti berenang bersama keluarga, berdansa bersama pasangan, atau berjalan kaki di pasar cinderamata untuk membakar kalori.

Tetap tampil segar dan memesona selama mendampingi anak berlibur adalah hal yang wajar. Karena bagaimana pun juga, merias diri bukan sekadar mendapat pujian dari orang lain tapi juga untuk menampilkan aura positif dalam diri kita. Untuk itu, jangan sampai lupa memasukkan “perkakas” kecantikan kita berikut ini:

SPF ringan berbentuk mineral ini akan sangat sempurna melindungi wajah kita dari paparan sinar matahari. Cukup sekali sapuan maka kulit akan siap berhadapan dengan sinar UVA dan UVB saat kita diajak anak untuk bersepeda mengelilingi tempat liburan kita. Hanya dibutuhkan waktu 2 menit untuk membuat kulit wajah tetap terhindar dari paparan sinar ultraviolet yang bisa membuat radang kulit dan keriput di wajah.

Saat kita liburan, sangat wajar untuk malas touch up setiap saat. Oleh karena itu, setiap sapuan makeup yang kita aplikasikan pada wajah haruslah yang tahan lama. Bobbi Brown, makeup artist Hollywood, menyarankan agar kita membubuhkan bedak terlebih dahulu pada kelopak mata sebelum menggunakan eye shadow. Pilih bedak yang sama kita gunakan usai mengoleskan foundation. Cara ini akan membuat sapuan eye shadow lebih tahan lama. Mata tetap indah tanpa harus setiap saat menambahkan eye shadow meski aktivitas liburan kita sangat padat.

Sempurnakan eye shadow dengan maskara.
Tampilan kelopak mata yang indah berkat aplikasi eye shadow yang sesuai bentuk mata tak akan maksimal jika kita membiarkan tak menonjolkan lengkungan bulu mata kita. Mengingat musim liburan kali ini matahari akan bersinar sangat terik hingga membuat kita mudah berkeringat, sebaiknya pilihlah maskara yang water-resistant sehingga tak ada “jejak” lunturan maskara pada sekitar mata kita.

Namun sebelum menggunakan maskara water-resistant, sebaiknya oleskan krim mata yang menggandung emollients oil agar kulit mata tak mudah mengering. Sebab maskara water-resistant akan mudah sekali membuat kulit kehilangan kadar airnya. Dan khusus bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati. Sebab kosmetik yang mengandung minyak akan sulit dibersihkan. Plus bagi pengguna lensa kontak, sebaiknya melepaskan lensa kontak terlebih dahulu sebelum membersihkan kosmetik mata. Sebab sapuannya akan membuat partikel-partikel kosmetik jatuh dan bisa saja masuk ke dalam lensa kontak kita.

Pewarna bibir tahan lama.
Lipstik yang bertuliskan water-resistant biasanya akan lebih tahan lama. Jadi sebaiknya pilih lipstik jenis ini dan jatuhkan pilihan yang sewarna dengan bibir sehingga terlihat lebih natural dengan nuansa liburan yang santai. Jangan juga lupa untuk memilih lipstik yang mengandung SPF karena kulit bibir juga butuh dilindungi dari paparan sinar UVA dan UVB, Leslie Baumann, MD., dermatolog di Miami Beach mengingatkan.

Proteksi tubuh dengan losion mengandung SPF.
Sama seperti krim tabir surya untuk wajah, seluruh kulit tubuh kita pada prinsipnya butuh dilindungi dari paparan sinar ultraviolet. Karena itu jangan lupa untuk mengoleskannya, minimal 20 menit sebelum mulai beraktivitas di luar ruangan, tidak terkecuali saat liburan. Susan Weinkle, MD, ahli kulit yang berdomisili di Amerika Serikat ini mengingatkan kita agar memilih losion tubuh yang juga melengkapi SPF dengan kolagen. Tujuannya, agar sel-sel tubuh tetap mampu mengikat kadar air, karena losion SPF memiliki kecenderungan kulit kita mudah kering.

Andalkan kertas minyak.
Sinar matahari yang menyengat akan membuat kulit mudah sekali berkeringat dan berminyak. Ini tentu bukan tampilan cantik kita untuk difoto kan? Jadi jangan lupa memasukkan kertas minyak ke dalam tas kosmetik kita. Pilihlah kertas minyak yang mengandung bedak, sehingga tak hanya menghapus minyak tapi kita juga sekaligus melakukan touch up untuk tampilan yang memesona

0 comments:

Posting Komentar