TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Resep Herbal Memutihkan Ketiak & Selangkangan

· · 0 comments

Inilah Rahasia Memutihkan Ketiak yang Hitam! Ketiak Anda tampak kecoklat-coklatan, berwarna gelap bahkan hitam? Tentu keadaan seperti itu membuat kita tidak nyaman dan bahkan seringkali membuat kepercayaan diri kita menjadi hilang untuk mengenakan pakaian tanpa lengan.

Ketiak menjadi hitam biasanya muncul karena tidak berhati-hati saat mencukur, mencabut bulu ketiak, dan bisa juga karena efek kimia menggunakan deodorant.  Jika tidak segera diatasi, maka dapat membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Apakah Anda salah seorang yang mengalaminya ? Jika ya, bagaimana cara memutihkan ketiak? Simak artikel di bawah ini. Artikel ini akan mengungkapkan 7 rahasia memutihkan ketiak secara alami.

Cara Memutihkan ketiak
ketiak hitam

Ketiak termasuk salah satu daerah paling sensitif sehingga perlu cara yang khusus untuk merawatnya. Agar ketiak bersih dan tidak hitam. Cobalah beberapa bahan alami di bawah ini untuk memutihkan ketiak.
Ketimun & Bubuk Kunyit
  • Ketimun atau tanaman yang bernama ilmiah Cucumis Sativus ini tidak hanya enak dijadikan lalapan, tetapi efeknya yang menyegarkan dapat membantu melembabkan kulit, mengatasi kulit berminyak bahkan dapat digunakan untuk memutihkan ketiak.
  • Kunyit juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, beberapa produk lotion pun ada yang menggunakan Kunyit sebagai bahan pemutih alami. Untuk hasil yang efektif, haluskan ketimun kemudian campurkan ketimun yang sudah dihaluskan tersebut dengan bubuk Kunyit.
  • Selanjutnya, oleskan kedua bahan tersebut pada ketiak. Kedua bahan tersebut sudah terbukti efektif untuk memudarkan noda hitam dan memutihkan ketiak.
Yoghurt dan Susu
  • Bahan alami lainnya adalah yoghurt dan susu. Yoghurt dan susu banyak mengandung asam laktat, yaitu bahan alami yang mampu memutihkan ketiak secara alami.
  • Caranya, ambil dua sendok makan yoghurt dan campurkan dengan tiga sendok makan susu. Aduk merata dan kemudian oleskan pada ketiak sebelum mandi. Biarkan selama 30 menit atau 1 jam hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.
Batu Apung
  • Batu Apung, batu ini memang sudah terkenal sebagai batu penggosok ampelas. Selain itu batu ini dapat juga digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati agar dapat memutihkan ketiak.
  • Caranya, basahi ketiak dengan air dan sabun. Kemudian ambil batu apung dan gosokkan secara perlahan pada ketiak  selama beberapa menit dan bilaslah.
Air Kapur Sirih dan Jeruk Nipis
  • Air Sirih dan perasan Jeruk Nipis juga merupakan kombinasi ampuh untuk mengangkat kulit mati agar memutihkan ketiak. Ambil satu butir Jeruk Nipis dan peras, kemudian campurkan satu sendok air kapur Sirih.
  • Aduk rata dan oleskan campuran tersebut pada ketiak Anda setiap habis mandi. Biarkan meresap selama 15 menit dalam kulit.  Lakukan secara rutin selama 1 minggu.
Lemon dan Baking Soda
  • Salah satu bahan alami yang tidak kalah ampuhnya untuk memutihkan ketiak  adalah menggunakan Lemon dan baking soda. Kandungan vitamin C yang terdapat pada Lemon dapat bermanfaat memutihkan ketiak.
  • Sedangkan baking soda memiliki kalsium yang bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu, baking soda juga dapat menetrallisir keasaman Lemon yang dapat membuat kulit iritasi.
  • Ambil satu butir Lemon kemudian peras dan ambil airnya. Campurkan dengan satu sendok teh baking soda. Aduk rata dan oleskan di ketiak dan biarkan selama 15 menit hingga setengah kering.
  • Kemudian gosok ketiak Anda hingga butiran baking soda dan Lemon beserta kotoran pada ketiak jatuh dan bilaslah dengan air bersih. Lakukan secara rutin selama seminggu.
Minyak Kelapa dan Kulit Jeruk
  • Minyak Kelapa juga tanaman yang kaya akan kandungan vitamin E  yang dapat melembabkan kulit.  Jika minyak Kelapa dikombinasikan dengan kulit Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C, hasilnya akan lebih maksimal untuk memutihkan ketiak, meningkatkan produksi kolagen, dan menghilangkan bau badan.
  • Caranya, blender kulit Jeruk  yang sudah diberikan tetesan minyak Kelapa hingga berbentuk butiran kasar dan gosokkan pada ketiak.
Pepaya dan Madu
  • Pepaya dan Madu tidak hanya enak dikonsumsi, Pepaya dan Madu juga memiliki manfaat memutihkan ketiak. Kandungan asam arkobat yang terdapat pada Pepaya  dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati pada kulit.
  • Sedangkan Madu memiliki kandungan vitamin C dan polifenol yang berguna untuk mencerahkan kulit ketiak. Caranya, ambil seperempat buah Pepaya mengkal kemudian haluskan dengan blender.
  • Tambahkan 2 sendok makan Madu dan aduk merata kemudian oleskan di ketiak. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, bilaslah dengan air bersih. Itulah beberapa rahasia sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan ketiak. Semoga saran di atas bisa bermanfaat.

Perubahan warna kulit ketiak yang gelap karena disebabkan beberapa faktor, yaitu :
  1. Kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak. Hal ini dapat menimbulkan iritasi yang mengakibatkan perubahan warna kulit.
  2. Salah menggunakan deodorant yang tidak sesuai dengan jenis kulit sehingga disebabkan iritasi atau gatal-gatal.

Tips cara memutihkan ketiak yang hitam memang tidak mudah, butuh terapi yang membutuhkan waktu yang sabar dan rutin, dan anda bisa dengan cara alami memutihkan ketiak yang anda bisa lakukan dirumah.

Cara Memutihkan ketiak

1. Pencegahan

Agar ketiak Anda tidak berwarna hitam, langkah pertama adalah menghindari penyebabnya. Ahli kulit menyarankan tindakan pencegahan termasuk membasahi atau melembabkan kulit sebelum mencukur. Jangan mencabuti bulu ketiak Anda. Menghilangkan rambut dengan metode waxing atau sugaring lebih disarankan. Bila Anda memiliki alergi terhadap deodoran tertentu, hentikan pemakaiannya.

2. Perawatan profesional

Bila ketiak Anda sudah berwarna hitam karena sebab lain di luar kehamilan, langkah terbaik adalah mengunjungi dokter kulit Anda. Anda perlu seorang ahli untuk mengetahui apa yang menyebabkan ketiak Anda menghitam dan cara paling efektif untuk memutihkan nya. Pengupasan (peeling) adalah salah satu perawatan yang biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Dalam terapi tersebut, lapisan luar kulit ketiak dilepaskan/dikupas. Setelah itu, Anda harus mengoleskan bahan pemutih di ketiak setiap malam di rumah.

Beberapa orang langsung menggunakan bahan pemutih sendiri di rumah tanpa melalui pengupasan. Hal ini tidak dianjurkan ahli kulit karena kurang efektif. Selain itu, jenis pemutih yang diresepkan oleh dokter kulit biasanya lebih kuat dan sesuai kebutuhan Anda dibandingkan dengan yang tersedia bebas di pasaran.

3. Perawatan alami

Ada pengobatan rumah tertentu yang dapat menghilangkan atau setidaknya memudarkan warna hitam ketiak. Jika Anda ingin menggunakan pemutih alami yang murah, Anda dapat menggunakan pepaya mentah atau jeruk nipis. Selain kaya vitamin C, bahan-bahan itu dapat bekerja untuk mengontrol keringat dan meregenerasi kulit. Tapi gunakanlah dengan hati-hati karena dapat mengiritasi kulit beberapa wanita:

Berikut cara memutihkan ketiak secara alami, diantaranya adalah :
  1. Memakai sari buah lemon. Caranya, campur sari buah lemon yang telah diperas dengan parutan mentimun. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, oleskan ramuan tersebut pada ketiak minimal selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  2. Menggunakan campuran air kapur sirih dan jeruk nipis. Caranya dengan mengoleskan campuran tersebut pada ketiak sehabis mandi. Biarkan hingga air meresap dalam kulit. Jangan memakai deodorant terlebih dahulu. Lakukan selama 1 minggu hingga 2 minggu. Cuci ketiak hingga bersih pada saat mandi, sehingga tidak ada lagi sisa bedak dan deodorant yang tertinggal.
  3. Lemon dan Tawas. Caranya potong melintang lemon dan buang bijinya. Setelah mandi, gosokkan lemon pada ketiak. Lalu, dengan gerakan melingkar, gosokkan bubuk tawas pada ketiak. Biarkan hingga meresap.
  4. Lemon, Madu dan Tawas. Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 1 makan madu. Oleskan campuran tersebut pada ketiak. Diamkan hingga sekitar 20 menit sampai 30 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan ini sebelum mandi. Anda juga dapat beri tambahan bubuk tawas sesudahnya.
  5. Lemon dan Ketimun. Caranya cuci ketiak dengan parutan ketimun yang dicampur dengan lemon sekitar 20 menit. Sesudah itu cuci dengan air hangat.
  6. Bengkuang. Caranya oleskan masker bengkuang pada ketiak anda. Sebaiknya dilakukan dua kali seminggu. Ada 2 cara memakai bengkuang untuk memutihkan kulit ketiak yaitu anda bisa membeli masker bengkuang yang siap pakai. Atau bisa juga dengan cara parut halus bengkuang dan oleskan pada ketiak anda. Untuk hasil yang optimal, biarkan hingga sekitar 10 menit. Sebaiknya dilakukan pada malam hari.

0 comments:

Posting Komentar