TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal Buah Tomat

· · 0 comments

Tanaman Herbal Buah Tomat dan Khasiatnya
tomat masak


Tanaman Herbal Buah Tomat dan Khasiatnya

Tanaman herbal buah tomat dan khasiatnya. Kita tentu kenal semuanya pada jenis buah yang satu ini, bukan? Karena tomat sering dipakai sebagai bumbu masak, pencuci mulut sehabis makan, dan bahan saus.

Buah tomat (Salanum Iycopersicum) yang belum masak hijau warnanya dan yang sudah masak berwarna merah mengkilat buah tomat tumbuh berkumpul-kumpul menjadikan rangkaian karena buahnya berat, tumbuhan tomat harus kita tumpu dengan sepotong kayu, jika tidak ditumpu, tumbuhan tomat akan rebah dan buahnya busuk.

Didalam tomat itu terdapat butir-butir kecil, butir-butir itu ialah biji-biji tomat, biji-biji itu dapat kita semaikan dan akan diperoleh tumbuhan tomat baru. Disebelah luarnya akan kulit biji yang kuat sekali, kulit itu tidak dapat dicerna. Diantara daging biji-biji dan kulit buah terdapat daging buah yang merah inilah yang kita makan. Daging buah tomat menyehatkan, baik untuk anak maupun orang dewasa, karena banyak mengandung vitamin C.

Tomat berdaun majemuk, daunnya berbulu, biasanya disebut bulu-bulu kelenjar. Hewan tidak mau menyentuh daun tomat, karena bau aroma baunya kurang enak dicium. Bunga tomat berwarna hijau tua, dan bentuknya seperti bintang.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, olahan dari tomat mampu merendahkan penyakit kanker Prostat. Selain kanker prostat, tomat juga mampu menurunkan resiko serangan jantung, kanker payudara dan pankreas. Tomat juga mampu mengurangi resiko terjadinya bercak-bercak kulit karena usia.

Sebagai antioksida dan yang berdaya kerja tinggi, tomat juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan yaitu sebagai bahan masker wajah yang andal, masker tomat telah teruji dalam merawat wajah, khususnya bagi mereka yang memiliki pori-pori besar dan berminyak. Bahkan menurut beberapa ahli, buah tomat bisa sebagai obat herbal diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, mencegah kolera, serta memulihkan fungsi liver.

Tomat juga mengandung zat tomatin yang bersifat anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat menyembuhkan radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu hingga radang saluran pencernaan.

Lawan Penyakit dengan tomat Masak.

Satu lagi penemuan didunia iptek, khususnya dibidang kesehatan  yang dapat memperkuat alasan kita untuk beralih

kepengobatan herbal, bahwa tomat ternyata memiliki khasiat yang lebih terhadap kesehatan kita. Buah tomat ini sudah bukan bara

ng yang asing ditelinga kita.  Semua sudah pada tahu dan juga mudah sekali kita temukan disekitar kita. Harganya yang cukup terjangkau bagi masyarakat kita semakin menambah lengkap dari kemauan kita untuk memanfaatkannya  sebagai bahan untuk menjaga bahkan meningkatkan kualitas kesehatan kita.

Selain sebagai sayuran untuk masak-memasak tomat dari hasil  temuan tersebut diungkapkan, dapat dipakai sebagai bahan untuk obat herbal memerangi berbagai penyakit yang mungkin bersarang ditubuh kita. Kelebihan yang lain ternyat tomat bila dimasak sebagai sayuran justru akan semakin kuat atau semakin baik khasiatnya dibandingkan bila sebelum dimasak.  Untuk lebih jelasnya dapat dilihat diartikel dibawah ini.

” Tomat merah dan segar tidak hanya dapat dijadikan bumbu pelengkap masakan tetapi juga dapat dijadikan obat untukmemerangi berbagai penyakit
berbahaya. Bahkan, tomat yang dimasak lebih banyak memberi manfaat ketimbang tomat mentah.

Ilmuwan dari National Centre of Food and Safety di Illinois mengungkapkan bahwa makan tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker, osteoporosis dan penyakit jantung.

Tak hanya tomat mentah yang segar, tomat yang dimasak atau menjadi campuran makanan ternyata dapat memberi manfaat lebih.

Menurut ilmuwan, sayuran merah segar ini merupakan sumber makanan yang mengandung lycopene (antioksidan yang kuat) terbanyak. Dan tidak seperti buah atau sayuran lainnya, kandungan antioksidan dalam tomat berpotensi lebih banyak setelah dimasak.

Para ilmuwan tersebut menjelaskan bahwa nutrisi ini memiliki mekanisme pelindung yang dapat membantu mencegah peradangan dan pembekuan darah.

“Memanfaatkan tomat dan produk tomat mungkin menjadi salah satu strategi yang sederhana dan efektif untuk membantu orang meningkatkan asupan sayuran, yang menyebabkan peningkatan pola makan secara keseluruhan dan akhirnya kesehatan yang lebih baik,” jelas Dr Britt Burton-Freeman dan and Dr Kristin Reimers,

Menurut Dr Reimers, penelitian ini menggarisbawahi hubungan antara mengonsumsi tomat dan mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain.

“Bukti juga menunjukkan bahwa konsumsi tomat sebaiknya dianjurkan karena manfaat nutrisi dan karena strategi yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan asupan sayuran secara keseluruhan,” tambah Dr Reimers. “

Itulah sedikit uraian tentang pemanfaatan tomat sebagai bahan obat  herbal yang dapat dipakai untuk mencegah berbagai jenis penyakit serta manfaat lainnya bagi kehidupan kita. sehingga bisa dikatakan bisa menjadi ramuan obat herbal
Manfaat dan Khasiat    Tanaman Herbal Buah Tomat

0 comments:

Posting Komentar