TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Cara Alami Mengatasi Perut Kram dan Panas Dalam

· · 0 comments

Cara Mengatasi Perut Kram
Cara Mengatasi Perut Kram


Perut merasa kram sungguh tak mengenakkan. Dulu waktu Kuliah, teman saya ada yang mengalami perut kram entah apa penyebabnya. Yang menjadi kabar penting adalah masuk Rumah Sakit sehari setelah kejadian itu. Nah, anda tidak mau hal itu terjadi pada Anda bukan?

Maka dari itu Aghifaris akan memberikan anda pengobatan yang ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut kram yang memang sangat sakit walau pun saya belum pernah mengalaminya.

Perhatikan bahan-bahan yang ada di tips ini dan cermati apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi perut kram yang tak tertahankan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Berikut selengkapnya.


Pernah merasa sakit / kejang di bagian perut secara tiba-tiba? Mungkin yang sobat sehat rasakan itu adalah kram perut. Untuk itu, kali ini Aghifaris  akan membahas mengenai Cara Mengatasi Perut Kram.

Penyebab Perut Kram
Banyak kejadian seseorang mengalami kram perut karena telat makan dan lama berada di ruang AC. Ada juga yang mengalami kram perut karena menstruasi. Kram perut juga bisa terjadi karena perut kosong tiba-tiba dimasuki makanan pedas atau asam.

Kram yang sering terjadi pada perut ini bisa menandakan gejala awal dari penyakit seperti lambung, maag, masalah di kantung empedu, hernia atau organ lainnya.

Pengobatan Perut Kram
Untuk mengatasai perut kram tersebut, tidak ada salahnya anda mencoba obat tradisional berikut:

Bahan:
- Daun Cabai Jawa (3 lembar)
- Air (1 gelas)

Pemakaian:
Haluskan 3 lembar daun cabe / cabai jawa, kemudian seduh dengan 1 gelas air panas. Minum air ramuan untuk perut kram tersebut selagi hangat.

Bahan:
- Buah Kapulaga (3 butir) [belum tahu tanaman kapulaga? baca disini]
- Air (secukupnya)

Pemakaian:
Rebus 3 butir buah kapulaga tersebut dalam air panas hingga matang. Kemudian makan buah kapulaga tersebut.

Mudah kan cara mengatasi perut keram diatas? semoga obat kram perut tersebut bisa bermanfaat bagi sobat semua.



Panas Dalam (Misnomer) adalah panas yang menyerang esofagus bagian bawah, yang kemudian menyebabkan rasa sakit, bibir pecah-pecah, mata merah, meriang, dan lidah terasa pahit.

Panas dalam yang datang tentu akan sangat mengganggu, terutama saat puasa seperti sekarang yang biasanya makan segala macam saat buka puasa.

Penyebab panas dalam biasanya dikarenakan makan terlalu cepat, terlalu banyak mengkonsumsi daging, coklat, bawang, kopi, minuman beralkohol dan juga merokok.

Untuk cara mengobati panas dalam, selain menghindari pemicu-pemicunya, beberapa tips di bawah ini bisa di coba untuk mengatasi panas dalam.

  • Jaga berat badan. Tubuh yang terlalu gemuk atau pada wanita yang sedang hamil, perut bagian atas mendesak ke atas melewati diafragma.
  • Kurangi konsumsi daging.
  • Minumlah segelas susu: cara ini mungkin membantu lebih jauh. Susu bertindak sebagai zat protektif, tapi daya efektif susu tidak seefektif dibanding antasid.
  • Untuk melindungi perut Anda dalam menetralisir asam, minumlah 1 sampai 2 sendok teh cairan antasid anti-serap seperti magnesium hidroksida setiap 1 sampai 2 jam.

Anda juga bisa mencoba obat tradisional untuk mengatasi panas dalam berikut:
Bahan:
Daun Prasman

    Daun Prasman / Raja panah  (secukupnya)
    Air (secukupnya)

Pemakaian:
Seduh daun prasman dengan air panas, lalu disaring. Minum ramuan tersebut 3x sehari.

Semoga obat panas dalam diatas bisa bermanfaat bagi anda!

0 comments:

Posting Komentar