TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Macam Dan Jenis Kanker Paru-Paru? (bag:3 )

· · 0 comments

Apa jenis kanker paru-paru?

kanker paru-paru, juga dikenal sebagai karsinoma bronchogenic, secara luas diklasifikasikan menjadi dua jenis: kanker paru-paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru non-sel kecil (NSCLC).

Klasifikasi ini didasarkan pada tampilan mikroskopis sel-sel tumor itu sendiri. Kedua jenis kanker tumbuh dan menyebar dengan cara yang berbeda dan mungkin memiliki pilihan pengobatan yang berbeda, sehingga perbedaan antara kedua jenis penting.

SCLC terdiri dari sekitar 20% dari kanker paru-paru dan yang paling agresif dan tumbuh cepat dari semua kanker paru-paru. SCLC berkaitan erat dengan merokok, dengan hanya 1% dari tumor ini terjadi pada bukan perokok.

SCLC bermetastasis dengan cepat ke banyak situs dalam tubuh dan yang paling sering ditemukan setelah mereka telah menyebar luas. Mengacu pada penampilan sel tertentu sering terlihat ketika memeriksa sampel SCLC bawah mikroskop, kanker ini kadang-kadang disebut karsinoma sel oat.

NSCLC adalah kanker paru-paru yang paling umum, terhitung sekitar 80% dari semua kanker paru-paru. NSCLC dapat dibagi menjadi tiga jenis utama yang diberi nama berdasarkan jenis sel yang ditemukan di tumor:

  •     *  Adenocarcinoma adalah jenis yang paling sering terlihat dari NSCLC di Amerika Serikat dan terdiri sampai dengan 50% dari NSCLC.
Sementara adenocarcinoma yang berhubungan dengan merokok, seperti kanker paru-paru lainnya, jenis ini juga diamati dalam merokok yang mengembangkan kanker paru-paru.
Kebanyakan adenocarcinoma timbul dalam, atau perifer, area luar paru-paru Bronchioloalveolar. karsinoma subtipe adenokarsinoma yang sering berkembang di beberapa situs di paru-paru dan menyebar di sepanjang dinding alveolar yang sudah ada sebelumnya.
  •     * karsinoma sel skuamosa dulunya lebih umum dari adenocarcinoma, saat ini, jumlah mereka sekitar 30% dari NSCLC.
Juga dikenal sebagai karsinoma epidermoid, kanker sel skuamosa yang paling sering timbul di daerah dada sentral dalam saluran pernapasan tersebut.
    
  • * karsinoma sel besar, kadang-kadang disebut sebagai karsinoma dibedakan, adalah jenis yang paling umum dari NSCLC.
   
  • * Campuran dari berbagai jenis NSCLC juga terlihat.
Jenis-jenis kanker dapat timbul di paru-paru, jenis ini jauh kurang umum daripada NSCLC dan SCLC dan bersama-sama terdiri dari hanya 5% -10% kanker paru-paru:
  

Tumor ini umumnya kecil (3 cm-4 cm atau kurang) ketika didiagnosis dan terjadi paling sering pada orang di bawah 40 tahun.
Tidak berhubungan dengan merokok, tumor karsinoid dapat bermetastasis, dan sebagian kecil tumor ini mengeluarkan zat yang menyerupai hormon yang dapat menyebabkan gejala spesifik yang berhubungan dengan hormon yang diproduksi.
Carcinoids umumnya tumbuh dan menyebar lebih lambat dari kanker bronchogenic, dan banyak yang dideteksi cukup dini lebih terbuka reseksi bedah.
   
  • * Kanker paru-paru jaringan pendukung seperti otot polos, pembuluh darah, atau sel yang terlibat dalam respon imun jarang dapat terjadi di paru-paru.
Seperti telah dibahas sebelumnya, kanker metastasis dari tumor primer lainnya dalam tubuh yang sering ditemukan pada paru-paru. Tumor dari mana saja di dalam tubuh dapat menyebar ke paru-paru baik melalui aliran darah, melalui sistem limfatik, atau langsung dari organ terdekat.
Tumor metastatik yang paling sering banyak, tersebar di seluruh paru-paru, dan terkonsentrasi di perifer daripada daerah sentra paru-paru  (BERSAMBUNG  klik sini ....)

0 comments:

Posting Komentar