TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Mengerti Dan Mengenal Apa Itu Kanker Paru-Paru (bag:1)

· · 0 comments

Apa itu kanker paru-paru?

Kanker paru-paru, seperti semua kanker, hasil dari suatu kelainan pada Teman-dasar unit tubuh hidup, sel. Biasanya, tubuh memiliki sistem checks and balances terhadap pertumbuhan sel sehingga sel membelah untuk menghasilkan sel baru hanya jika sel-sel baru diperlukan.

Gangguan terhadap sistem checks and balances pada hasil pertumbuhan sel dalam divisi yang tidak terkendali dan proliferasi sel-sel yang akhirnya membentuk massa yang dikenal sebagai tumor.

Tumor dapat bersifat jinak atau ganas, ketika kita berbicara tentang "kanker," kita mengacu kepada mereka tumor yang ganas. Tumor jinak biasanya dapat dihapus dan tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tumor ganas, di sisi lain, tumbuh secara agresif dan menyerang jaringan lain dari tubuh, yang memungkinkan masuknya sel tumor ke dalam sistem aliran darah atau limfatik dan kemudian ke situs lain dalam tubuh.

Proses penyebaran disebut metastasis, kawasan pertumbuhan tumor pada situs ini disebut metastasis jauh.Sejak kanker paru-paru cenderung untuk menyebar atau bermetastasis sangat awal setelah bentuk, itu adalah kanker yang mengancam nyawa sangat dan salah satu kanker yang paling sulit untuk mengobati.

Sementara kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ dalam tubuh, organ-organ tertentu - khususnya kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang - adalah situs yang paling umum untuk metastasis kanker paru-paru.

Paru-paru juga merupakan situs yang sangat umum untuk metastasis dari tumor di bagian lain dari tubuh. Tumor metastasis terbuat dari jenis yang sama sel-sel seperti tumor (primer) asli.

Sebagai contoh, jika kanker prostat menyebar melalui aliran darah ke paru-paru, itu adalah kanker prostat metastasis di paru-paru dan tidak kanker paru-paru.


Gambar dari kanker paru-paru

Fungsi utama paru-paru adalah untuk pertukaran gas antara udara yang kita hirup dan darah. Melalui paru-paru, karbon dioksida dikeluarkan dari aliran darah dan oksigen dari udara terinspirasi memasuki aliran darah.

Paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru kiri dibagi menjadi dua lobus dan struktur kecil yang disebut lidah yang setara dengan lobus tengah di sebelah kanan.

Saluran udara utama memasuki paru-paru adalah bronchi, yang timbul dari trakea.Cabang bronkus ke dalam saluran udara semakin lebih kecil yang disebut bronkiolus yang berakhir pada kantung kecil dikenal sebagai alveoli dimana pertukaran gas terjadi. Paru-paru dan dinding dada ditutupi dengan lapisan tipis dari jaringan yang disebut pleura.

Kanker paru-paru dapat timbul di bagian paru-paru, tetapi 90% -95% kanker paru-paru diperkirakan timbul dari sel epitel, sel-sel yang melapisi saluran udara besar dan kecil (bronki dan bronkiolus), karena alasan ini, paru-paru kanker kadang-kadang disebut kanker bronchogenic atau karsinoma bronchogenic.

(Carcinoma merupakan istilah lain untuk kanker.) Kanker juga dapat timbul dari pleura (disebut mesotelioma ) atau jarang dari jaringan pendukung dalam paru-paru, misalnya, pembuluh darah

(BERSAMBUNG ) Klik sini..

0 comments:

Posting Komentar