TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Apa Saja Gejala Kanker Paru-Paru dan Bagaimana Tanda-Tanda? (bag 4.)

· · 0 comments

Apa saja gejala kanker paru-paru dan tanda-tanda?

Gejala kanker paru bervariasi tergantung pada di mana dan bagaimana luas tumor. Peringatan tanda-tanda kanker paru-paru tidak selalu hadir atau mudah untuk mengidentifikasi. Seseorang dengan kanker paru-paru mungkin memiliki jenis gejala berikut:

  • Tidak ada gejala: Dalam sampai dengan 25% orang yang terkena kanker paru-paru, kanker ini pertama kali ditemukan pada rutin X-ray dada atau CT scan sebagai massa kecil yang soliter kadang-kadang disebut lesi koin, karena pada dimensi X-ray dua atau CT scan, tumor bulat seperti koin.  Pasien dengan kecil, massa tunggal sering melaporkan tidak menunjukkan gejala pada saat kanker ditemukan.


  • Gejala yang berhubungan dengan kanker: Pertumbuhan kanker dan invasi jaringan paru-paru dan sekitarnya jaringan dapat mengganggu pernapasan, menyebabkan gejala seperti batuk, sesak napas , mengi, nyeri dada , dan batuk darah ( hemoptysis ).Jika kanker telah menyerang saraf, misalnya, dapat menyebabkan nyeri bahu yang bergerak di bagian luar lengan (disebut Sindrom Pancoast) atau kelumpuhan dari pita suara menyebabkan suara serak .Invasi pada kerongkongan dapat menyebabkan kesulitan menelan ( disfagia ).  Jika napas besar terhambat, runtuhnya sebagian paru-paru dapat terjadi dan menyebabkan infeksi (abses, pneumonia ) di daerah terhambat.


  • Gejala terkait dengan metastasis: Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang bisa menghasilkan rasa sakit luar biasa di lokasi keterlibatan tulang. Kanker yang telah menyebar ke otak dapat menyebabkan sejumlah gejala neurologis yang mungkin termasuk penglihatan kabur , sakit kepala , kejang, atau gejala stroke seperti kelemahan atau hilangnya sensasi di bagian tubuh.


  • Gejala paraneoplastic: kanker paru-paru sering disertai dengan gejala-gejala yang dihasilkan dari produksi-seperti zat hormon oleh sel-sel tumor. Sindrom ini paraneoplastic terjadi paling sering dengan SCLC tetapi dapat dilihat dengan semua jenis tumor. Sebuah sindrom paraneoplastic umum yang terkait dengan SCLC adalah produksi hormon yang disebut hormon adrenocorticotrophic (ACTH) oleh sel-sel kanker, menyebabkan oversecretion hormon kortisol oleh kelenjar adrenal ( Sindrom Cushing ).

      Sindrom paraneoplastic yang paling sering terlihat dengan NSCLC adalah produksi suatu zat yang mirip dengan hormon paratiroid, sehingga peningkatan kadar kalsium dalam aliran darah.


  • Gejala nonspesifik: gejala nonspesifik terlihat dengan kanker, termasuk kanker paru-paru, termasuk penurunan berat badan , kelemahan dan kelelahan . Gejala psikologis seperti depresi dan perubahan mood juga umum.

Kapan sebaiknya seseorang berkonsultasi dengan dokter?

Orang harus berkonsultasi dengan penyedia pelayanan kesehatan jika dia mengembangkan gejala yang terkait dengan kanker paru-paru, khususnya, jika mereka memiliki

    * Batuk terus-menerus baru atau perburukan yang ada batuk kronis
      , ,

    * Darah dalam dahak,


    * Gigih bronkitis atau infeksi pernafasan berulang
      , ,

    * Nyeri dada
      , ,

    * Kelelahan,Mudah  Capek
      , ,

    * Sesak napas seperti sesak napas atau tersengal-sengal. (bersambung... klik ini.)

0 comments:

Posting Komentar