TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Herbal SANGGA LANGIT

· · 0 comments

TANAMAN HERBAL SANGGA LANGIT:Ada pohon sangga langit alias rincik bumi (Ipomoea quamoclit L) yang ditanam di halaman rumah
Tanaman herbal sangga langit

A.Kandungan kimia dan efek farmologisSangga langit TANAMAN HERBAL SANGGA LANGIT

Kandungan kimia sangga langit belum banyak diketahui. Meski demikian secara empiris anggota familli Convolvulaceae itu bersifat antiperitik dan hemostatik. Tanaman ini berfungsi sebagai obat wasir dan carbuncle.

SANGGA LANGIT
SANGGA LANGIT


B. Cara budi daya

Perbanyak tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman relatif mudah. Perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembaban. Berikan pupuk secara berkala. Sangga langit menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

D. Bagian tanaman yang digunakan dan pemenfaatannnya

Bagian tanaman sebagai obat adalah daun yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.
  1. Penurun panas : Ambil 8 gr daun segar dan cuci bersih. Rebus daun itu dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum hasil rebusan sehari 2 x, masing-masing 1 gelas.
  2. Pendarahan pada wasir : Untuk mengatasi wasir disertai pendarahan, cuci bersih 8 gr daun segar. Rebus daun itu dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum hasil rebusan 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.
  3. Penyubur - Penumbuh Rambut :   Tali putri (sangga langit/songgolangit)
Bahan yang diperlukan :

- Ambil beberapa genggam daun tali putri, cuci bersih dan haluskan kemudian ambil lendirnya. Gunakan untuk membasuh rambut dan kulit kepala, diamkan sejenak agar lendir tali putri menyerap hingga akar rambut. Lalu bersihkan hingga tak ada lagi sisa lendir di rambut dan kulit kepala. Lakukan setiap hari.

0 comments:

Posting Komentar