TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

MENGENAL KISTA DAN PENGOBATAN Secara Alami - HERBA DAUN DEWA

· · 0 comments

  • Tumbuhan ini bersifat anti coagulant (mencairkan bekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun. Dalam farmakologi cina disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa khas dan sifat netral.
  • Membantu mengobati TB paru. tumor, ganglion, kista, kanker, lever, darah tinggi, stroke, kencing manis, radang prankeas, rematik.
  • Membantu mengobati pendarahan sehabis melahirkan.
  • Menghentikan pendarahan pendarahn seperti: mimisan, batuk darah,muntah darah, berak darah.
Kista adalah sejenis tumor jinak yang terbungkus selaput. Kista dapat berisi cairan kental, udara ataupun nanah. Jumlah wanita yang terkena kista semakin meningkat dari hari ke hari dan biasanya tidak disertai keluhan atau gejala spesifik. Tetapi kalau sudah semakin besar dan letaknya menggganggu oragan lainnya maka penderita akan merasakan keluhan.

Kista merupakan tumor jinak tetapi 20-30% kista dapat berpotensi menjadi ganas.
Terbentuknya kista pada ovarium karena gagalnya sel telur (folikel) untuk berovulasi. 1 sel telur dalam ovarium wanita setiap bulannya akan mengalami ovulasi dengan mengeluarkan inti sel telur dari folikel untuk kemudian ditangkap serabut fimbria dan ditempatkan di saluran ovarium (tuba falopii) untuk siap dibuahi jika bertemu sperma. Folikel yang sudah kehilangan inti sel telur akan mengalami degenerasi dan hilang dengan terjadinya menstruasi setiap bulannya. Namun ada kalanya proses keluarnya inti sel telur gagal terjadi sehingga gagal berovulasi sehingga dapat terjadi kista.

Begitu juga proses menstruasi yang terjadi tidak secara tuntas akan menyebabkan terjadinya penebalan dinding rahim dan menyebabkan terbentuknya kista.

Jenis Kista

Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, dermoid, cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana terjadinya kista. Biasanya tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista ini yang paling banyak dan justru sering mengecil sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.

Sebagian besar kista tanpa gejala dan diketahui secara kebetulan pada waktu periksa dokter. Menurut pengalaman, diketahuinya menderita kista indung telur biasanya sewaktu periksa check up atau sewaktu periksa karena sebab lain.

Selain itu juga dapat timbul gejala yang khas untuk kista indung telur dan sangat terkait dengan jenis kista indung telur.

 - Kista Fungsional. Sering tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila disertai komplikasi seperti terpuntir atau pecah, tetapi komplikasi ini sangat jarang. Kista fungsional ini paling sering terjadi dan sangat jarang pada dua indung telur. Ia bisa mengecil sendiri dalam waktu 1-3 bulan.

- Kista Dermoid. Kista ini terjadi karena jaringan dalam telur yang tidak dibuahi. Kemudian tumbuh menjadi beberapa jaringan seperti rambut, tulang dan lemak. Kista dapat terjadi pada dua indung telur dan biasanya tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila kista terpuntir atau pecah.

- Kista Cokelat (endometrioma). Terjadi karena lapisan di dalam rahim (yang biasanya terkelupas sewaktu haid dan terlihat keluar dari kemaluan seperti darah), tidak terletak dalam rahim tetapi melekat pada dinding luar indung telur. Akibat peristiwa ini setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista. Kista ini bisa pada satu atau dua indung telur. Timbul gejala utama yaitu rasa sakit terutama sewaktu haid atau sexual intercourse.

- Kistadenoma. Berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Kista jenis ini juga dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Gejala yang timbul biasanya akibat penekanan pada bagian tubuh sekitar seperti kandung kencing sehingga dapat menyebabkan semacam ''beser''.

Apakah Bahaya?

Salah satu bahaya yang ditakuti ialah apabila kista tersebut menjadi ganas. Sekalipun tidak semua kista mudah berubah menjadi ganas. Berdasar kajian teoritik, kista fungsional yang paling sering terjadi dan sangat jarang menjadi ganas. Sebaliknya kistadenoma yang jarang terjadi tetapi mudah menjadi ganas terutama pada usia di atas 45 tahun atau kurang dari 20 tahun.

Bahaya lain dari kista adalah apabila terpuntir. Kejadian ini akan menimbulkan rasa sakit yang sangat dan memerlukan tindakan darurat untuk mencegah kista jangan sampai pecah. Apabila kista tersebut sampai pecah bisa mengakibatkan hal-hal yang sangat berbahaya bagi penderita.

 Barikut adalah ramuan tradisional pencegahan kista :

Minumlah ramuan dari rumput bambu yang dicampur dengan rumput mutiara

Adapun cara pembuatannya adalah sbb :

  • Ambil masing-masing 10 gr rumbut bambu dan rumput mutiara
  • Kemudian tambahkan kunir biang sebesar ibu jari, pilih yang tua. Kemudian rebuslah bahan-bahan yang telah disediakan tersebut.

Cara meminumnya :

    Setelah air ramuan yang telah direbus tadi hangat, minumlah ramuan tersebut.
    Sebaiknya diminum sebulan sekali setelah masa haid terakhir.

Apabila Bpk/ibu/sdr. ingin praktis disini kami menyediakan obat herbal kista dalam bentuk kapsul adalah herba daun dewa, adapun diskripsi produknya adalah sbb :
Pengobatan Herbal alami dengan minum kapsul Herba  Daun Dewa
Herba Daun dewa
Herba Daun Dewa


Nama produk     :  Herba Daun Dewa
Dewadaun dewa 2 JENIS PENYAKIT DAN PENGOBATANNYA KISTA
Harga                  :   Pulau Jawa : Rp. 45.000, – , Luar Jawa : Rp. 50.000, -
Produsen             :  Herbal Indo Utama
Volume  /   isi      :  60 kapsul
Perizinan               :  BP POM MUI No. 00140016360701


Nama Latin :
Gynura segetum (Lour.) Merr.

Nama Daerah :

Habitat :
Pada umumnya ditanam dipekarangan sebagai tanam obat.

Deskripsi :
Terna tahunan, tegak, tinggi ± 50 cm, pada umumnya ditanam dipekarangan sebagai tanam obat. Batang muda berwarna hijau dengan alur memanjang warna tengguli, bila agak tua bercabang banyak. Daun tunggal, mempunyai tangkai, bentuk bulat telur sampai bulat memanjang. Ujung melancip. Daun tua membagi sangat dalam. Daun banyak berkumpul di bawah, agak jarang pada ujung batang, letak berseling. Kedua permukaan daun berambut lembut, warna putih. Warna permukaan daun hijau tua, bagian bawah berwarna hijau muda. Panjang daun 8-20 cm. lebar 5 – 10 cm. Bunga terletak di ujung batang, warna kuning berbentuk bonggol (kepala bunga). Mempunyai umbi berwarna ke abu-abuan, panjang 3-6 cm., dengan penampang ± 3 cm.


Kandungan Daun Dewa :
Saponin, minyak atsiri, flavonoid.

Tumbuhan ini bersifat anti coagulant (mencairkan bekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun. Dalam farmakologi cina disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa khas dan sifat netral.
Membantu mengobati TB paru. tumor, ganglion, kista, kanker, lever, darah tinggi, stroke, kencing manis, radang prankeas, rematik.
    Membantu mengobati pendarahan sehabis melahirkan.
    Menghentikan pendarahan pendarahn seperti: mimisan, batuk darah,muntah darah, berak darah.

Resep Tradisional Daun Dewa:
  1. Kanker :
  • Daun dewa segar 4 g; Akar daruju 7 g; Herba benalu 3 g; air 120 ml, Ditumbuk; ditambah air mendidih; disaring, Diminum 1 hari sekali 100 ml; selama 30 hari.
  1. Tekanan darah tinggi :
  • Daun dewa segar 3-7 helai; buah mengkudu muda 1 buah; Air 110 ml, Diseduh, Diminum 1-2 kali sehari 100 ml; selama 1 bulan.
  1. Kencing manis :
  • Daun dewa 5 helai; Air 110 ml, Diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml.
  1. Pembersih luka :
  • Daun dewa secukupnya; Air secukupnya, Daun dewa ditumbuk halus lalu dimasukkan ke dalam air, Luka yang kotor dimasukkan ke dalam air yang dicampur daun dewa.
dapatkan kapsulherbal siap konsumsi daun dewa

Efek Farmakologi Herbal:

  1.     Anti radang (antiinflamasi)
  2.     Meredakan panas (antipiretik)
  3.     Meredakan nyeri (analgesic)
  4.     Pembersih darah
  5.     Penyejuk darah
  6.     Melancarkan darah
  7.     Menghilangkan bekuan darah (antikoagulan).

Khasiat Herba Daun Dewa :

  • Membantu mengobati TB paru. tumor, ganglion, kista, kanker, lever, darah tinggi, stroke, kencing manis, radang prankeas, rematik.
  • Membantu mengobati pendarahan sehabis melahirkan.
  • Menghentikan pendarahan pendarahn seperti: mimisan, batuk darah,muntah darah, berak darah.

Komposisi: Gynura Sagetum.

Aturan minum:

    Pengobatan : 3 X sehari 3 – 5 kapsul, sampai sembuh untuk hasil optimal minum s/d kurang lebih 6 botol.
    pencegahan / pemeliharaan :  2 X sehari 2 kapsul.

Peringatan  :

Tidak diajurkanuntuk wanita hamil.

0 comments:

Posting Komentar