TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Ramuan Obat Tradisional Batuk Kering

· · 1 comments


Ramuan Obat Tradisional Batuk Kering

Ramuan Obat Tradisional Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang disebabkan oleh kuman turbelcle bacilli.
Batuk kering merupakan jenis batuk yang nonproduktif. Batuk ini tidak disertai lendir. Penderita batuk kering biasanya akan merasa terganggu sekali, karena ketika batuk akan menimbulkan rasa sakit dan perih di tenggorokan.
Paru-paru bagian yang paling utama yang terjangkiti.
  1.     Batuk yang lamanya 2 minggu atau lebih.
  2.     Batuk dengan mengeluarkan darah.
  3.     Demam disaat malam hari.
  4.     Selera makan berkurang dan turunnya berat badan.
  5.     Dada terasa sakit disaat batu.
  6.     Gampang lelah disaat beraktifitas.

Mekanisme Batuk:

Secara umum, proses batuk terdiri dari empat fase, yaitu fase iritasi, fase inspirasi, fase kompresi, dan ekspulsi.

Keempat fase ini bekerja sangat cepat hingga akhirnya terjadi pengeluaran udara dalam jumlah yang besar dengan kecepatan tinggi dan biasanya disertai dengan keluarnya benda asing atau dahak/lendir dari saluran pernapasan. Sedangkan suara yang ditimbulkan saat batuk berasal dari getaran pita suara dan lendir yang terdapat pada saluran pernapasan.

Resep Batuk Kering Tradisional

Saat ini obat-obatan alami atau herbal menjadi prioritas utama dalam hal penyembuhan penyakit. Selain minim efek samping, obat-obatan tradisional atau alami ini juga mudah didapat karena bahan-bahannya tersedia di alam. Begitu juga dengan batuk kering, tidak sulit untuk menemukan ramuan obat untuk menyembuhkannya.

Berikut beberapa resep tradisional untuk obat batuk kering.
    Air jeruk nipis diminum langsung atau ditambahkan sedikit kecap manis atau madu.

    Daun Sirih. Caranya, ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

    Kulit jeruk mandarin juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Caranya adalah rebus sepuluh gram kulit jeruk mandarin kering dicampur dengan dua puluh lima gram kencur yang diiris tipis-tipis. Minum ramuan tersebut dua kali sehari dalam keadaan hangat.

    Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

    Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

    Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

Semoga ramuan obat tradisional ini dapat meredakan batuk kering Anda.
Bila anda mengalami batuk kering berikut ada ramuan obat tradisional yang bisa anda coba untuk mengatasi batuk kering :
  • Dengan herbal jeruk nipis  :  1 buah jeruk nipis ambil airnya dan tambakan 2 sdm madu. Kemudian aduk rata. Minum 2 x sehari pagi dan petang.
  • Dengan herbal belimbing wuluh   :  10 buah blimbing wuluh, cuci, kemudian haluskan. Tambahkan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Peras dan saring. Minum 2 x sehari pagi dan petang.
  •  Dengan herbal kencur  :  1 rimpang kencur tanpa dikupas, cuci, kunyah halus dengan sedikit garam. Telan dan gelontor dengan air matang yang masih hangat. Lakukan 2 x sehari, pagi dan petang.
  •  Dengan herbal daun saga  :1 genggam daun saga dengan tangkainya dan 1 genggam daun asam. Rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring. Minum 2 x sehari.

1 comments: