TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Cara Murah Menjadi Sehat 7 Asupan murah yang super sehat.

· · 0 comments

7 Asupan murah yang super sehat.


Mengonsumsi asupan sehat itu tidak harus membuat kita bokek! Kita hanya perlu menyiapkan diri dengan daftar belanjaan yang benar. Berikut daftar belanjaan kita yang punya manfaat besar dengan harga miring :

Jika ingin serat beli…

Kacang hitam kering
Penuhi kebutuhan serat dan nikmati rasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi kacang hitam. Pilihlah kacang hitam kering, ketimbang yang di dalam kaleng. Tidak hanya menghemat biaya, tapi juga mencegah kelebihan asupan sodium.
Info nutrisi : dalam 48,5 gram kacang hitam kering mengandung  15 gram serat.

Biji Jagung Kering
Buat camilan tinggi serat dengan menambahkan popcorn dengan sedikit minyak zaitun. “Membuat sendiri di rumah, bisa memastikan popcorn yang kita konsumsi pasti sehat,” jelas Jason Machowsky, RD, CSCS, personal trainer dari Equinox di New York City.
Info nutrisi : dalam 44 gram  biji jagung kering mengandung 5 gram serat.

Jika ingin protein beli…

Telur
Kuatkan otot dengan mengonsumsi telur. “Putih telur adalah protein murni,” kata Gerbstadt. Hampir 100% protein dari telur digunakan oleh tubuh kita. Menurut studi terbaru dari USDA, telur mengandung kolesterol 14% lebih sedikit, dan vitamin D 64% lebih banyak ketimbang tahun 2002.
Info nutrisi : satu telur mengandung 6 gram protein.

Tuna kaleng yang dikemas dengan air
Para peneliti dari Belanda menemukan para pelaku diet tinggi protein mampu mengikis bobot dan lemak perut 2 kali lebih banyak, ketimbang pelaku diet rendah protein. Tak hanya itu, ikan tuna juga kaya akan vitamin B6 yang berfungsi mengendalikan rasa khawatir dan sistem imun. Plus, kandungan vitamin B12 bisa menjaga keseimbangan dan membuat kita lebih rileks.
Info nutrisi : 1 kaleng mengandung 36 gram protein.

Jika ingin kalsium beli…

Susu bebas lemak
Selain membantu membentuk tulang dan gigi yang kuat, kalsium juga bisa menurunkan berat badan. Pilihlah susu yang bebas lemak, karena produk ini tinggi akan kalsium dan mengandung kalori yang rendah. Selain protein, si putih ini juga memiliki leusin, yaitu asam amino yang bertugas memperbaiki otot.
Info nutrisi : dalam 2 liter susu kita sudah bisa memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian kita.

Yogurt tanpa rasa (plain yogurt)
Lancarkan sistem metabolisme kita dengan mengonsumsi yogurt. Studi menunjukkan kalau kalsium dari produk olahan susu bisa menekan penyerapan lemak dari makanan lainnya. Bonus lainnya, bakteri baik dalam yogurt akan membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik.
Info nutrisi : dalam 11 sendok makan yogurt tanpa rasa, kita sudah bisa memenuhi 34% kebutuhan kalsium harian.

Jika ingin potasium beli…

Kentang
Tanpa perlu menguras isi dompet, kita bisa mendapatkan 600 mg potasium, nutrisi yang menjaga tekanan darah. “Menjadi sangat penting untuk mendapatkan asupan potasium yang cukup, karena untuk membantu kita menyeimbangkan pola makan kita yang tinggi sodium,” ujar Dawn Jackson Blatner, RD. penulis buku The Flexitarian Diet. Kentang dengan kulit mengandung 2 gram serat dan bisa memenuhi 45% dari kebutuhan vitamin C harian kita.
Info nutrisi : 1 buah kentang sudah bisa memenuhi 18% kebutuhan potasium harian.


6 makanan super yang setiap wanita butuhkan agar selalu sehat.

Maraknya pemberitaan dan iklan mengenai makanan sehat, sering menggiring kita untuk percaya bahwa makanan  tertentu lebih sehat ketimbang yang lain, ujar ahli nutrisi Elizabeth Somer, MS, RD, penulis buku Age-proof Your Body. Atau kadang kita butuh kemasan atau label ‘mahal’ agar yakin makanan yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat bagi kesehatannya, padahal pada kenyataannya itu semua hanyalah bahasa iklan.

“Sebelum memastikan makan adalah sehat, kita harus membaca label secara keseluruhan, melihat bahan-bahan yang digunakan dan porsi yang kita makan,” saran Tara Miller, MS, RD, ahli nutrisi dari NYU. Supaya tidak ribet, Prevention memberikan daftarnya untuk Anda! Berdasarkan masukan para ahli, ini dia 6 makanan yang kaum hawa kudu konsumsi untuk tetap sehat dan kuat.

  1. Yogurt rendah lemak.Porsi : 3-5 porsi / minggu.Produk olahan susu ini diyakinin bisa menekan risiko kanker payudara, sindrom iritasi usus, dan gangguan sistem pencernaan yang sering menyerang wanita ketimbang pria. Nikmati satu cangkir yogurt saat sarapan, santap siang, atau sebagai camilan akan membantu kita mendekati angka rekomendai U.S Dietary Guidelines yang menyarankan kita mengonsumsi 3 porsi olahan susu rendah lemak setiap harinya. Yogurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.Pilih : yogurt yang rendah lemak dengan Lactobacillus acidophilus di dalamnya. Hindari memilih yang ada buah atau berasa, untuk hasil maksimal beli yang yogurt plain atau tanpa rasa.
  2. Ikan ‘berlemak’  Porsi : 2-3 porsi / minggu.Ikan ‘berlemak’ kaya akan asam lemak Omega-3, DHA, dan EPA. Ikan ‘berlemak’ ini tidak hanya memegang peran utama dalam menjaga kesehatan dari setiap membran sel di tubuh kita saja, tapi juga membantu melindungi kita dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri persendian, beberapa penyakit yang berkaitan dengan peradangan, serta rheumatoid arthritis, kata Laurie Tansman, MS, RD, CDN, ahli nutrisi dari Mount Sinai Medical Center di New York.Pilih : Ikan seperti salmon, sarden dan makarel.
  3. Kacang-kacangan.Porsi : 3-4 porsi / minggu.Tak hanya rendah lemak, kacang-kacangan juga sumber protein dan serat yang baik, plus bisa melindungi kita dari penyakit jantung serta kanker payudara. Kacang-kacangan memegang peranan dalam menjaga keseimbangan hormon pada wanita, jelas Susan Krause, MS, RD, seorang ahli nutrisi.Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, para peneliti menemukan kacang-kacangan secara umum bisa menjadi tameng pencegah kanker payudara. Sedang studi lain yang dimasukkan dalam Archives of Internal Medicine, para dokter mendapatkan koneksi antara penurunan risiko penyakit kardiovaskular dengan banyaknya konsumsi polong-polongan.
  4. Kandungan isoflavon dalam kacang-kacangan bisa membantu wanita dalam mengatasi masalah hormon dan membantu melewati gejala PMS, perimenopause atau menopause. Jika kita sedang pada masa-masa reproduktif, mengonsumsi kacang-kacangan bisa memberikan asupan asam folat yang stabil. Asam folat adalah nutrisi penting bagi kita yang akan dan sedang hamil.Pilih :  kacang polong, lentil, dan kacang tanah.
  5. Tomat.Porsi : 3- 5 porsi/ minggu.Likopen dalam tomat tidak hanya bisa mencegah kanker prostat, tapi juga melindungi wanita dari kanker payudara. Plus, antioksidan dalam tomat akan membantu wanita melawan penyakit jantung. Memasukkan tomat dalam piring harian kita juga akan menjaga keremajaan kulit dan melindungi kult dari sengatan sinar UV yang merusak.
  6. Vitamin D : Susu rendah lemak atau jus jeruk.Porsi : setidaknya 400 IU / hari.Nutrisi ini penting untuk membantu tulang menyerap kalsium dari usus. Vitamin D membantu menekan risiko osteoporosis. Studi yang dilakukan oleh University of California San Diego menyatakan vitamin D bisa mencegah kanker payudara, usus, dan ovarium hingga 50%.Pilih : Ikan salmon, makarel, tuna, sarden, dan susu.
  7. Beri-berian.Porsi : 3- 4 porsi / minggu.Beri-berian adalah juaranya anthocyan, zat anti-kanker yang bertugas memperbaiki sel-sel rusak. Asupan lezat ini juga kaya akan vitamin C dan asam folat, yang sangat diperlukan wanita saat masa-masa kehamilan. Antioksidan dalam beri-berian akan melindungi jantung dan menunda proses penuaan dari luar dan dalam. Sedangkan kandungan lutein akan melindungi organ pengelihatan.

Pilih : Blueberry, strawberry, raspberry, dan cranberry

0 comments:

Posting Komentar