TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manisnya Tomat Bagi Tubuh- Kandungan Likopennya Kaya Manfaat

· · 0 comments

Manisnya Tomat Bagi Tubuh Kandungan  Likopen Kaya  Manfaat
Manisnya Tomat Bagi Tubuh Kandungan  Likopen Kaya  Manfaat


Manisnya Tomat Bagi Tubuh


Tomat : Buah super terbaru.

Kini, buah tomat sedang ‘naik daun’. Gimana tidak, ada banyak studi yang membuktikan buah merah ini memiliki berbagai manfaat yang beragam. Pertama, tomat sangat kaya akan likopen, salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat dan tahan panas. Kedua, tomat juga bersifat anti-inflamasi dan anti-trombotik (mencegah penyumbatan pembuluh darah). Ketiga, si merah ini mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker, ganguan jantung, osteoporosis, kerusakan kulit, hingga disfungsi syaraf kognitif. Demikian penjelasan dari Britt Burton-Freeman, Ph. D., MS., dan Kristin Reimers, Ph. D., RD, ahli nutrisi dan pangan dari National Center for Food Safety & Technology and ConAgra Food, Inc.

Optimalkan khasiat tomat dengan mengonsumsi dengan cara mentah. Cuci tomat, hilangkan biji, lalu potong dadu dan masukkan dalam mangkuk salad kita. Hujani dengan sedikit minyak zaitun, untuk menambah cita rasa. Riset yang dilakukan oleh peneliti di Melbourne menemukan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan proses penyerapan likopen di dalam tubuh.

Simpanlah tomat di suhu ruang, ketimbang menaruhnya di kulkas. Peneliti di New Zealand menemukan, tomat yang disimpan dalam suhu 25 derajat Celcius selama 10 hari, kadar likopennya meningkat hingga 2 kali lipat.

Karena khasiatnya yang berjubel itu, baru-baru ini American Journal of Lifestyle Medicine menyatakan sudah sepantasnya tomat dinobatkan sebagai the New Superfood. Pastikan, tomat selalu masuk dalam menu makan kita sehari-hari

Likopen tomat lebih keluar pada saat dipanggang.Tomat Panggang Lebih Sehat

Jika selama ini kita terbiasa menikmati tomat mentah, ada baiknya mengubah kebiasaan dengan cara memanggangnya terlebih dahulu. Sebab kandungan likopen yang banyak di dalam tomat akan lebih keluar pada saat dipanggang.

Pada dasarnya, tomat mentah sangat kaya akan likopen, sejenis karotenoid yang membuat warnanya jadi merah. Likopen inilah yang merupakan antioksidan yang sangat berpengaruh untuk menurunkan risiko terhadap berbagai jenis kanker dan penyakit jantung.

Dan penelitian yang dilakukan di Jerman, menyarankan agar kita sebaiknya tak mengonsumsi semua sayuran dalam keadaan mentah. Sebab dari pengamatan terhadap 198 orang yang menjalani diet makanan mentah, 77 persen diantaranya punya kadar likopen dalam plasma darah yang lebih rendah daripada normal.

Ketika diamati, penelitian yang sudah dipublikasi dalam British Journal of Nutrition, memanggang tomat akan melepaskan kandungan likopen yang terendap di dinding sel buah. Agar khasiatnya semakin maksimal dalam tubuh, percikkan minyak zaitun pada tomat ceri, lalu panggang di oven hingga kulitnya pecah, saran Ellie Krieger, RD., penulis buku So Easy. Likopen adalah senyawa larut dalam lemak dan minyak zaitun mempermudah proses penyerapannya oleh tubuh


Sumber Antioksidan Alternatif
Likopen: Tak Hanya Pada Tomat


Sebagai antioksidan yang berdaya kerja tinggi, likopen dikenal terdapat pada buah tomat yang ranum. Namun bagaimana jika ternyata Anda bukanlah orang yang suka makan tomat? Tak perlu putus asa. Masih banyak buah dan sayuran lainnya yang mengandung likopen di sekitar Anda.

Bagi sebagian besar orang, buah tomat atau produk-produk yang mengandung tomat mungkin paling disorot karena kandungan antioksidan likopen yang tinggi. Namun selain itu, ada beberapa buah seperti pepaya, jambu biji merah, semangka  dan jeruk florida (pink grapefruit) yang juga mengandung likopen.

Likopen adalah pemberi warna merah alami pada buah-buahan. Bagi manusia, likopen sangat berguna sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat. Namun sayangnya, penyerapan likopen oleh tubuh kita tidaklah selalu mudah. Sebagai contoh: Tomat. Kadar antioksidan pada tomat sebelum dimasak relatif rendah. Memasak tomat dapat meningkatkan jumlah likopen, apalagi jika ditambahkan dengan minyak zaitun atau kanola karena dapat mempermudah tubuh untuk menyerap likopen. Ini artinya, semua produk olahan tomat seperti saus tomat, sup tomat, dan saus spageti merupakan sumber likopen yang sangat baik bagi tubuh. Hanya perlu diperhatikan untuk memilih produk yang rendah sodium dan gula.

Agar asupan antioksidan Anda tercukupi, konsumsilah buah-buahan seperti pepaya, jambu biji merah, semangka dan jeruk florida dengan yogurt rendah lemak atau cottage cheese (sejenis keju lembut) untuk membantu tubuh menyerap likopen lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar