TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Tip Jitu Memasak Udang Supaya Tetap Manis dan Gurih Dengan Segala Manfaatnya

· · 0 comments





Tip Jitu Memasak Udang Supaya  Tetap  Manis  dan  Gurih Dan Resep masakan  Pare  Caca  Udang
Pada musim ini banyak udang sehingga di pasar harga udang juga relatif lebih murah,maka perlu kita ketahui bagaimana cara memeasak,dan memilih udang pada artikel terdahulu telah saya tulis cara memilih ikan laut/udang segar..

Udang kaya akan manfaat bagi tubuh kita, udang bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita. Udang bisa juga menjadikan alergi pada tubuh yang mengonsumsinya, biasanya alergi udang itu menjadikan sakit biduran. Jadi bila alergi udang jangan terlalu banyak makan udang. Walapun udang kaya akan manfaat, jika alergi jangan mengunsumsinya.

Udang memiliki beragam manfaat diantaranya adalah sbb :

  1. Mengandung protein dengan asam amino lengkap dan mudah diserap tubuh.
  2. Mengandung asam lemak esensial, yang bemanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mencegah penggumpalan kepingan darah. Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  3. Memiliki kandungan selenium yang tinggi, yang berfungsi untuk memproduksi antibodi bagi tubuh.
  4. Memiliki kandungan zat besi dan zinc yang tinggi. Bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia ( kekurangan darah ).
  5. Memiliki kandungan kalori energi yang rendah, sehingga tidak mengganggu program diet.
  6. Memiliki kandungan protein yang cukup lengkap, sehingga dapat menjaga kesehatan organ organ vital dalam tubuh.
  7. Memiliki kandungan vitamin D, B12, dan Omega 3, yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak.
  8. Mengandung vitamin D, kalsium, dan potasium yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan gigi.
  9. Mengandung vitamin C dan Niasin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya.Mengapa ? Karena kulit udang mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Tulang rawan ini berfungsi sebagai “bantalan” pada persendian tulang .Penipisan tatau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut orang sebagai pengapuran.
Berikut ada beberapa tips memasak udang agar tetap manis dan tidak keras adalah sbb :

Udang

  • Dibalik tubuh udang yang kecil mungil, ada rahasia mengolah udang dengan baik adalah udang harus selalu dimasak dengan sangat cepat untuk mendapatkan rasa yang manis dan lezat.
  • Kebanyakan udang dimasak kurang lebih  3 menit. Setelah udang terlihat kemerahan, berarti sudah matang.
  • Udang sangat cepat matang jika dimasak dan dengan cepat pula dapat berubah tidak bisa dimakan jika sedikit saja terlalu lama dimasak.
  • Untuk mendapat hasil yang sempurna,
Silahkan anda coba resep memasak udang dibawah ini :
SAlah satu contoh masakan mengunakan udang mari kita coba.. .,Dengan menggabungkan udang dengan pare .Menu masakan Pare Caca  Udang 

Resep masakan  Pare  Caca  Udang
 

  1. Ambil 1/2 kg udang, kemudian masukkkan ke dalam panci yang telah diisi air mendidih 1/3 nya. Masukkan 3 sendok teh garam yang telah disediakan. Lalu tutup panci, didihkan lagi, masak sampai kelihatan kulitnya matang.
  2. Untuk lobster biasanya perlu waktu  kurang lebih 7-8 menit, udang pacet besar 5-7 menit, udang sedang siap dalam 3-4 menit.
  3. Begitu udang matang, langsung dicelupkan ke dalam air dingin agar proses memasaknya terhenti. Jangan biarkan terus berada dalam air panas/mendidih karena akan terus ada panas yang menjadikan udang keras tak lezat lagi bila dimasak.


Pare ca udang lezat adalah menu yang berbahan dasar dari pare dan udang. Buah pare adalah salah satu buah yang kaya akan khasiat dan manfaat. Pare selain sebagai bahan menu masakan juga sangat baik sebagai herbal bagi kesehatan tubuh. Buah ini rasanya sangat pahit dilidah, tapi dibalik rasa yang pahit itu tersimpan sejuta khasiat.

Sedangkan udang adalah salah satu ikan yang dihasilkan dari laut yang kaya akan protein. Dengan bentuk yang kecil mungil tapi sangat besar kandungan nutrisinya. Bagus untuk dikonsumsi sebagai penambah protein. Jika alergi pada udang jangan dikasih udang, kadang kala udang menyebabkan biduran karena alergi.

Dari dua bahan tersebut dikombinasikan jadi satu dengan dibumbui komplit penuh kreatif dari bentuk maupun rasa jadilah pareCaca udang  yang lezat. Pare Caca udang ini rasanya sangat enak dan lezat. Dengan cita rasa khas udang dan pare yang agak pahit sedikit tapi membuat masakan ini menjadi lezat dan nikmat. Untuk para penggemar pare, jika ingin membuat variasi masakan pare, pare ca udang bisa menjadi pilihan anda. Berikut ada resep masakan pare ca udang, silahkan coba!

Bahan memasak pare Caca udang  :

Pare CaCa Udang

    * 300 gr pare
    * Garam secukupnya
    * 150 gr udang, kupas sisakan ekornya
    * 1/4 sdt merica bubuk
    * 2 sdm minyak goreng
    * 2 siung bawang putih iris
    * 1 sdm angciu
    * 1/4 sdt gula pasir
    * 100 cc air
    * 1 sdt tepung sagu, cairkan dengan 1 sdm air
    * 1 buah cabai merah, iris


Cara memasak pare Caca udang  :

  • Belah pare menjadi 2, potong-potong 0,3 cm, lumuri pare dengan 1 sdt garam selama 10 menit. Aduk-aduk lagi selama 1 menit, cuci, peras hingga kering.
  • Lumuri udang dengan garam dan 1/4 sdt merica selama 5 menit.
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, tuang ang ciu. Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna.
  • Masukkan pare, aduk hingga rata. Masukkan garam, gula, merica dan air, tutup selama 3 menit.
  • Tuang cairan sagu, aduk rata, taburi cabai merah. Angkat.

0 comments:

Posting Komentar