TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Secara Jitu ! Herbal Alami Dapat Menyembuhkan Flu

· · 0 comments


Sedang lelah dan terkena flu? Itu tandanya daya tahan tubuh sedang menurun. Coba saja perbanyak makan jamur, semangka, tiram dan bawang putih. Makanan bisa mendongkrak saya tahan tubuh hingga tak mudah terserang flu!

Kondisi cuaca dan kelelahan bisa membuat daya tahan tubuh menurun dengan cepat. Beragam infeksi virus bisa dihindari jika daya tahan tubuh kuat. Dengan makan makanan bernutrisi secara teratur tiap hari daya tahan tubuh lebih meningkat dan tubuh lebih sehat.

Beberapa jenis makanan sehat  ini bisa memperkuat dan memelihara daya tahan tubuh dari bahaya radikal bebas dan virus.

Jamur Kancing
Jamur memiliki kandungan mineral selenium dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, rendahnya tingkat selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjangkit flu yang lebih parah. Selain itu, kandungan riboflavin dan niacin dalam jamur kancing berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Jamur ini juga memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.

Dikenal dengan istilah "makanan super", acay berry juga menghasilkan antioksidan seperti blueberry. Hanya, kandungan antioksidan acay berry lebih tinggi dan sering disebut anthocyanin. Meskipun acay berry tidak secara khusus untuk memerangi penyakit, antioksidannya dipercaya dapat membantu tubuh melawan penuaan dan penyakit. Acay berry paling sering ditemukan dalam minuman jus atau smoothie atau dalam bentuk kering.

Teh
Suka teh hijau atau teh hitam? Keduanya sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.

Ubi jalar
Seperti halnya wortel, ubi jalar juga memiliki beta karoten antioksidan yang melawan radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang berguna memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Brokoli
Sayuran yang mudah dan murah ini ternyata mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.  Selain itu, brokoli juga memiliki vitamin A, C, dan glutathione.

Elderberry
Ramuan yang terbuat dari ekstrak elderberry mampu menggempur virus flu. Beberapa studi kecil yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa bahan ini dapat membantu mempercepat masa pemulihan dari flu. Elderberry  kaya antioksidan dan memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan.


Tiram
Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem kekebalan tubuh, termasuk dalam penyembuhan luka.

Semangka
Selain rasanya yang menyegarkan, semangka yang telah matang juga memiliki kandungan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione  dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh . Glutathione  ditemukan dalam daging buah semangka yang merah.

Kubis
Selain semangka, kubis juga merupakan salah satu sumber glutathione yang berguna memperkuat sistem kekebalan. Kubis mudah didapat dan harganya murah. Cobalah menambahkan beberapa jenis kubis (putih, merah, china) pada sup dan minuman untuk meningkatkan nilai gizi dan sumber antioksidan dalam makanan.

Kacang almond
Stres, sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh. Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. Makan ¼ cangkir almond memberikan kandungan 50 % dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu bangkit kembali dari dampak stres.

Grapefruits
Kandungan vitamin C dalam grapefruit sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Namun, hingga kini riset belum dapat membuktikan bahwa, untuk mengobati flu atau pilek hanya perlu vitamin C dari makanan saja tanpa suplemen. Namun, grapefruit dapat menjadi pilihan karena mengandung flavonoid (senyawa kimia alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

Yogurt rendah lemak
Secangkir yoghurt setiap hari dapat menghindari tubuh dari kedinginan. Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dengan jumlah risiko kedinginan dan terkena flu.

Bawang putih
Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan H pylori, bakteri yang menyebabkan bisul dan kanker perut. Penelitian  menunjukkan bahwa bawang putih menjaga jantung sehat dengan menurunkan kadar kolesterol. Juga  punya sifat anti-jamur yang membantu mengobati infeksi asma.Sebaiknya kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam
Bayam dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisi. Hal ini karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar.

0 comments:

Posting Komentar