TOKOHERBALANNA.COM

19/03/11

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Hebal MIANA ; ILER; Berserta Penyakitnya

5 comments

ILER ; MIANA ;JAWER KOTOK ;KENTANGAN

Iler biasa juga disebut miana/jawer kotok/kentangan/ati-ati, yang berkasiat adalah yang daunnya berwarna merah kehitaman. yang berwarna-warni lain cuma untuk hiasan. Bentuk daunnya bulat melancip di ujungnya dan tepinya bergerigi. Tanaman semak ini bisa setinggi manusia. Batangnya segi empat dan mudah patah karena lunak. Batang yang patah itu bisa ditancapkan untuk mendapat tanaman baru.
Nama latin: Coleus atropurpureus Benth.

Nama daerah: Miana; Jawer kotok; Kentangan.

Deskripsi tanaman: Tumbuhan secara liar diladang atau dikebun-kebun bisa digunakan sebagai tanaman hias. Berbatang basah yang tingginya mencapai 1 meter. Daunnya berbentuk segitiga atau bentuk bulat telur dengan warna yang sangat bervariasi dari hijau hingga merah ungu berbulu, dan tepinya beringgit. Bunganya berwarna merah atau putih, ungu atau kuning.

Habitat: Dapat tumbuh liar di ladang-ladang, di kebun-kebun sebagai tanaman hias.

Bagian tanaman yang digunakan: Daun

Kandungan kimia: Lendir; Minyak atsiri; Alkaloid; Flavonoid; Saponin.

Khasiat: Emenagog; Anti bengkak

Nama simplesia: Plectranthi scutellaroidi Folia


Resep tradisional:

Kandungan dan manfaat : Daun iler mengandung minyak atsiri, antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil saliailat menghambat iritasi. Selain itu juga mengandung sedikit lendir.
Kegunaan :
  • Ambeien :
  1. Cara I : Cuci 17 helai daun iler dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit yang masing-masing sebesar jari lalu memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum sehari sekali sebanyak segelas. Ramuan ini cukup untuk 3 hari.
  2. Cara II : 17 helai dun iler, 7 helai daun handeuleum (wungu/ungu), 1/2 cangkir daun pegagan/antanan gede, dicuci, dihaluskan. Beri 1/2 gelas air, aduk. Saring dengan kain. Diminum 1x sehari.
  3. Cara III : 17 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari.
  4. Cara 1V;:Daun iler segar 12 helai; Daun wungu segar 7 helai; Herba pegagan segar 1 genggam secukupnya; Air secukupnya, Dipipis, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Sembelit pada penderita ambeien:      10 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari.
  • Sembelit:      5 helai daun iler dicuci, direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Saring dan beri sesendok minyak kacang. Minum sekaligus.
  • Bisul;:      Daun iler dicuci bersih, ulasi dengan minyak kelapa lalu digarang. Hangat-hangat di tempelkan ke bisul.
  • Luka/borok:      Beberapa helai daun iler dicuci, remas-remas sampai keluar cairannya. Tempelkan pada luka. Ganti 3x sehari.
  • Perut mulas:potong akar iler dicuci den direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal stengah. Diminum pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.
  • Untuk haid terlambat :helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah. Diminum 1x sehari. Ramuan ini diminum paling banyak 3 hari.
  • Untuk diminum pada hari terakhir haid (membersihkan):      3 helai daun iler dicuci, sekeliling kunyit dicuci, dikupas. Semua dilumatkan sambil diberi sedikit garam. Beri 3 sendok makan air, peras dengan kain./ Cairan itu diberi sesendok teh air jeruk nipis.
  • Sakit mata merah:      Untuk obat minum : 5 helai daun iler dicuci dan direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah.Untuk ditempelkan : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tepi tidak sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.
  • Habis bersalin:Daun iler segar 12 helai; Herba jung Rahab (abunya)1 sendok teh; Asam kawak secukupnya; Air secukupnya, Herba jung rahab secukupnya dibakar dan diambil abunya. Ramuan dipipis hingga berbentuk pasta, Ditapalkan di perut.
  • Radang usus:Daun iler segar 12 helai; Bawang merah (disangrai)1 umbi; Rimpang kunyit 2 g; Herb apatikan cina segar 7 g; Menyan madu 1/2 g; Air 110 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml (infus)atau 1/4 cangkir (pipisan).




.

5 Responses so far

  1. SAYA INGIN BERTANYA,,APA BISA DAUN INI UNTUK MENYEMBUHKAN PENYKIT PEMBENGKAKAN KELENJAR???? TRIMAKASIH

  2. aghifaris says:

    @dewa ayu pertanyaan yg bgs: perlu di ketahui dulu penyebab dr pembengkaan kelenjar ap ? sistem kekebalan tubuh sngat penting.untk pertnyaan blm dpt di jelaskan krn macam pembengkaan / penyebabnya bnyk..

  3. saya ingin bertanya,, kandungan dari daun miana yg dpt mnyembuhkan luka itu apanya ya??
    trims

  4. saya ingin bertanya.. kandungan dari daun miana yang brkhasiat untuk luka itu yg mananya ya?
    trims

  5. aghifaris says:

    Yg dpt menyembuhkan luka ..daun miana Daun iler mengandung minyak atsiri, antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil saliailat menghambat iritasi. Selain itu juga mengandung sedikit lendir.

Leave a Reply