TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

4 Makanan yang Memperkuat Kekebalan Tubuh Beserta Caranya

· · 0 comments

Oatmeal

Kesehatan sangat penting bagi manusia. Bila kondisi tubuh sudah tidak sehat, bisa jadi karena rendahnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah kesalahan pada pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi.

Jangan abaikan kondisi seperti ini terlalu lama. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit. Mungkin Anda mengenal beberapa obat atau suplemen yang mengklaim bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada cara alami yang lebih aman, yaitu lewat makanan.
Dikutip dari womens health, berikut ini beberapa jenis makanan yang memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

1. Oatmeal
Ahli kesehatan dan nutrisi dari Intergrative Cancer Care, Evanston, Illinois menyarankan untuk rutin mengonsumsi oatmeal. Alasanya, karena oatmeal kaya serat, asam lemak omega 3, tiamin, zat besi dan beta-glukan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah serta berfungsi sebagai antioksidan. Oatmeal juga mampu dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Tomat
Tomat adalah buah yang paling mudah ditemui. Warnanya yang cerah dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengonsumsinya. Tomat banyak digunakan untuk masakan seperti sup, jus, pasta dan lainnya. Lycopene yang terkandung dalam tomat berfungsi melawan oksidasi, menghambat mutasi sel, menurunkan cidera asam nukleat, mengurangi penyakit pembuluh darah, jantung dan mencegah penyakit kanker.

3. Wine
Minuman anggur atau wine telah dikenal sejak lama di dunia kuliner. Sejak dulu, wine diminum untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit seperti diare dan kolera. Kandungan wine seperti flavonoid dan fenolik yang disebut resveratol bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab gangguan kesehatan. Hanya saja, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup satu gelas sehari.

4. Teh Chamomile
Teh Chamomile


Menurut peneliti dari Imperial College, London, teh chamomile bermanfaat untuk pencegahan penyakit. Dalam studi tersebut, orang yang minum lima cangkir teh chamomile setiap hari, selama dua minggu, aktivitas daya tahan tubuh terhadap bakteri meningkat. Kondisi ini pun tetap bertahan selama dua minggu meskipun orang tersebut berhenti mengonsumsi teh chamomile. Teh ini baik diminum saat demam atau flu



Pada musim penghujan seperti sekarang ini, kesehatan kita sering terganggu yang mengakibatkan terganggu juga aktivitas dan pekerjaan. Olah raga menjadi salah satu alternatif untuk menjaga daya tahan tubuh, akan tetapi padatnya jadwal kegiatan atau buruknya cuaca sering tidak memungkinkan untuk kita melakukan olah raga. Salah satu alternatif yang lain adalah dengan memaksimalkan kerja organ tubuh kita dengan cara tusuk jari atau nama lainnya Akupressure.

           Menurut ilmu Akupunktur dan akupressure tradisional ada beberapa titik di tubuh manusia yang dapat memaksimalkan kerja organ agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, dengan memperkuat  lambung, maka sari – sari makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh sehingga stamina bertambah.

          Beberapa pakar akupunktur tradisional seperti Prof. Dr Wu Weiping ND telah mempraktekkan titik – titik ini kepada para olah ragawan. Terbukti dari hasil riset para atletnya dapat mencapai prestasi luar biasa. Kami berharap pembaca juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya setelah membaca dan mencoba pada dirinya agar tidak mudah sakit dalam musim penghujan ini.

Adapun titik – titik yang dimaksud adalah :

¨     Titik Ren No 4

Letaknya 4 jari dari bawah pusar di tengah garis perut. Bila ditekan dalam – dalam dapat menyembuhkan nyeri perut bawah, menstruasi tidak teratur, sering kencing, dan kembung.

¨     Titik Ren No 6

Letaknya 2 jari dari bawah pusar di garis tengah perut. Bila ditekan dalam – dalam sebanyak 25 kali searah jarum jam akan menyembuhkan impotensi, nyeri perut, diare kronis, pendarahan kandungan, dan menstruasi tidak teratur

¨     Titik Ren no 12

Terletak pada garis tengah perut, 5 jari dari pusar. Bila ditekan dan terasa sakit maka ada indikasi lambung mengalami gangguan. Berguna juga untuk menyembuhkan nyeri lambung, nyeri abdomen, muntah diare, defiensi limpa dan lambung.

¨     Titik Ginjal no 7

Letaknya 3 jari diatas mata kaki sisi dalam kemudian bergeser 1/2  jari kesamping di tepi depan otot dari betis.

¨     Titik Kantung Empedu No 34

Terletak di pandangan samping dari sendi lutut di cekungan bawah dari kepala tulang betis. Titik ini mempunyai keistimewaan karena semua pengikat otot dikuasai oleh titik ini. Berguna juga untuk memperkuat kaki, menyembuhkan lumpuh, rematik tulang tungkai bawah, dan radang kndung empedu.

¨     Titik Lambung No 36

Dalam artikel – artikel sebelumnya titik inibanyak disinggung karena mempunyai khasiat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Letaknya 4 jari dari lubang lutut, kemudian bergeser 1 jari dari tulang kering. Berguna juga untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri lambung, kelumpuhan muka, ayan, sakit tenggorokan, lumpuh alat gerak bawah dan susah BAB
¨     Titik Limpa No 6

Terletak 4 jari dari mata kaki bagian dalam. Titik ini mempunyai kasiat dan keistimewaan karena dilalui oleh 3 meridian limpa, hati, dan ginjal yang semuanya menjurus kepada ketidak mampuan laki – laki untuk lama berereksi. Bila di unyek – unyek 25 kali searah jarum jam akan menyembuhkan haid tidak teratur, nyeri pada penis, ngompol, usus berbunyi, dan nyeri tungkai bawah

0 comments:

Posting Komentar