TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal TEMU KUNCI Beserta Penyakitnya

· · 0 comments

TEMU KUNCI

Nama Latin : Castrochilus panduratum Ridl.

Nama Lokal : Temu kunci.

Diskripsi : Temu kunci adalah tanaman sejenis temu- temuan, yang rimpangnya digunakan untuk bumbu masak orang Asia tenggara. Tanaman herbal temu kunci ini berbeda dengan tanaman herbal temu-temuan yang lain, sebab tumbuhnya vertikal kebawah. Rimpang tanaman herbal ini berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Adapun ciri-ciri tanaman herbal temu kunci adalah sebagai berikut :

  • Pohon : Tumbuh tidak berbatang, tumbuh dihutan (jati), juga dipelihara, tinggi sampai satu kaki.
  • Daun : Hanya 4 – 5 lembar, hijau, panjang 30 cm, panjang tangkai 30 cm.
  • Bulir : Tangkai pendek.
  • Bunga : 3 – 5 bauh, putih, kadang-kadang merah muda, dengan labellum berbentuk kantong.
  • Akar tunggal : Berumbi, kuning muda, sebesar buah rambutan, bercabang banyak.

Zat yang terkandung didalam hebal ini adalah sbb : Minyak asiri (sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen, seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin), rhisoma ; pati (hanya ada sesudah musim kemarau).

Berikut ini resep yang menggunakan herbal temu kunci, sebagai obat herbal :

  1. Perut kembung : Ambil temu kunci 5 gr, daun temu kunci secukupnya, tumbuklah sampai halus, kemudian tempelkan pada perut untuk tapel.
  2. Masuk angin : Ambi temu kunci 15 gr, adas pulasari 1 sdt, 2 pulasari,  lalu semua bahan dihaluskan dan setelah itu tempelkan pada pada perut. lakukan 2x dalam sehari.
  3. Keputihan : Temu kunci 10 gr, kunyit 5 gr, temu lawak 5 gr, sambiloto kering 15 gr, semua bahan direbus dengan 1000 cc air hingga airnya tinggal 200 cc. Saring. Minum 2x sehari, setiap minum 200 cc.
  4. Panas dalam : ambil temu kunci 10 gr dan potong-potong, Daun kumis kucing segar 25 gr, daun sosor bebek segar 20 gr, semua bahan rebuslah dengan 800 cc air, hingga tinggal setengahnya. Saring. Minum 2x sehari setiap minum 200 cc.

0 comments:

Poskan Komentar