TOKOHERBALANNA.COM

18/02/11

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal TEMU KUNCI Beserta Penyakitnya

0 comments
TEMU KUNCI

Nama Latin : Castrochilus panduratum Ridl.

Nama Lokal : Temu kunci.

Diskripsi : Temu kunci adalah tanaman sejenis temu- temuan, yang rimpangnya digunakan untuk bumbu masak orang Asia tenggara. Tanaman herbal temu kunci ini berbeda dengan tanaman herbal temu-temuan yang lain, sebab tumbuhnya vertikal kebawah. Rimpang tanaman herbal ini berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Adapun ciri-ciri tanaman herbal temu kunci adalah sebagai berikut :

  • Pohon : Tumbuh tidak berbatang, tumbuh dihutan (jati), juga dipelihara, tinggi sampai satu kaki.
  • Daun : Hanya 4 – 5 lembar, hijau, panjang 30 cm, panjang tangkai 30 cm.
  • Bulir : Tangkai pendek.
  • Bunga : 3 – 5 bauh, putih, kadang-kadang merah muda, dengan labellum berbentuk kantong.
  • Akar tunggal : Berumbi, kuning muda, sebesar buah rambutan, bercabang banyak.

Zat yang terkandung didalam hebal ini adalah sbb : Minyak asiri (sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen, seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin), rhisoma ; pati (hanya ada sesudah musim kemarau).

Berikut ini resep yang menggunakan herbal temu kunci, sebagai obat herbal :

  1. Perut kembung : Ambil temu kunci 5 gr, daun temu kunci secukupnya, tumbuklah sampai halus, kemudian tempelkan pada perut untuk tapel.
  2. Masuk angin : Ambi temu kunci 15 gr, adas pulasari 1 sdt, 2 pulasari,  lalu semua bahan dihaluskan dan setelah itu tempelkan pada pada perut. lakukan 2x dalam sehari.
  3. Keputihan : Temu kunci 10 gr, kunyit 5 gr, temu lawak 5 gr, sambiloto kering 15 gr, semua bahan direbus dengan 1000 cc air hingga airnya tinggal 200 cc. Saring. Minum 2x sehari, setiap minum 200 cc.
  4. Panas dalam : ambil temu kunci 10 gr dan potong-potong, Daun kumis kucing segar 25 gr, daun sosor bebek segar 20 gr, semua bahan rebuslah dengan 800 cc air, hingga tinggal setengahnya. Saring. Minum 2x sehari setiap minum 200 cc.

Leave a Reply