TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Asam Folat dan Zat Besi Cerdaskan Bayi Beserta Jenis Makananya

· · 0 comments

 Asam folat dan zat besi sangat penting untuk ibu hamil. Kecukupan kedua zat ini tidak hanya mencegah kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi namun juga bisa membuat bayi yang dilahirkan lebih cerdas. Demikian menurut penelitian terbaru yang dilakukan di Nepal.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association itu menyebutkan suplemen zat besi dan asam folat yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan membuat bayi yang dilahirkan memiliki kecerdasan dan kemampuan motorik lebih baik dibanding bayi yang ibunya tidak mengonsumsi suplemen prenatal.

Besi diperlukan untuk membantu sel-sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, ada permintaan tambahan untuk vitamin besi dan lainnya, yang dibutuhkan untuk wanita, bayi yang belum lahir dan plasenta. Banyak wanita menemukan tingkat mereka dari besi habisnya selama ini - yang dapat menyebabkan anemia.

Anemia terutama sering terjadi pada wanita yang membawa bayi kembar, dalam kehamilan yang berdekatan, di vegetarian, jika Anda sudah kehilangan darah karena tumpukan atau sakit maag dan jika Anda tidak punya cukup asam folat dalam diet Anda. Anaemia can make you feel really tired, look pale, experience dizziness, breathlessness and palpitations. Anemia bisa membuat Anda merasa sangat lelah, terlihat pucat, pusing pengalaman, sesak napas dan jantung berdebar. In severe cases, it can cause chest pain and headaches. Pada kasus yang parah, dapat menyebabkan rasa sakit dada dan sakit kepala.

Selama kehamilan, kadar zat besi Anda harus diperiksa secara berkala.Jika ditemukan untuk menjadi sangat rendah, Anda mungkin resep suplemen zat besi.



Namun, Anda dapat meningkatkan kadar zat besi Anda melalui makan makanan kaya zat besi.

Makanan kaya zat besi antara lain:

    * daging merah, seperti babi, sapi atau domba
    * Telur
    * Dark unggas
    * Sarden
    * Kacang mete
    * Roti gandum
    * diperkaya zat besi
    * Lentil
    * Chick peas
    * Kacang panggang
    * Sayuran berdaun hijau
    * Buah kering
    * Kentang panggang
    * Biji bunga matahari

Itu diingat bahwa tubuh tidak menyerap zat besi dari sumber-sumber non-daging cukup dengan mudah seperti halnya dari daging.

Namun, Anda dapat membantu penyerapan dengan mengkombinasikan makanan kaya zat besi dengan makanan atau minuman kaya vitamin C, sehingga memiliki kaca atau jus jeruk dengan makanan Anda.

Penelitian dilakukan secara double-blind dan random terhadap 676 anak yang diikuti riwayat kesehatannya hingga mereka berusia 7 dan 9 tahun. Anak dari kelompok ibu yang mendapat suplemen prenatal berupa asam folat dan zat besi menunjukkan kemampuan kognitif lebih tinggi. Mereka juga mendapat skor lebih tinggi pada kemampuan motorik serta  mengungkapkan alasan, jika dibandingkan dengan anak dari kelompok kontrol yang ibunya tidak mendapat suplementasi.

Laura Murray-Kolb, peneliti, mengungkapkan kecukupan zat besi selama kehamilan akan memengaruhi neurotransmitter di otak sehingga berpengaruh pada kecepatan proses informasi. Sedangkan asam folat akan mempercepat replikasi sel selama kehamilan dan menurunkan terjadinya neural tube defects atau kegagalan menutupnya tabung saraf dengan sempurna.

Anemia sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan menonjol terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Penyakit ini  ditandai rendahnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah.

Hemoglobin merupakan pigmen protein yang memberi warna pada darah dan bertugas membawa oksigen ke paru-paru lalu didistribusikan ke seluruh jaringan dan organ tubuh untuk melakukan pembakaran yang menghasilkan energi.

Pada ibu hamil kekurangan folat menyebabkan meningkatnya risiko anemia sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu, dan pucat. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram per hari. Makanan yang kaya akan asam folat antara lain brokoli, jeruk, bayam, roti, dan susu
 
Baik teh dan kopi juga mengurangi penyerapan zat besi, jadi lebih baik untuk minum ini setidaknya setengah jam sebelum Anda makan atau dua jam sesudahnya.

Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi paling penting untuk memiliki selama trimester pertama kehamilan dan sebelum konsepsi, sebagai perempuan kekurangan asam folat memiliki risiko lebih besar melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Suplemen asam folat harus diambil dari waktu Anda mencoba untuk hamil (jika itu adalah kehamilan yang direncanakan) untuk sampai akhir minggu ke-12 kehamilan Anda.

Dosis yang direkomendasikan suplemen harian 400mcg, tetapi wanita yang sudah memiliki sejarah cacat tabung saraf biasanya diresepkan dosis 5mg.

Selain mengkonsumsi suplemen asam folat, Anda harus mencoba dan makan sebanyak yang Anda bisa setiap hari, dengan makan banyak makanan yang kaya asam folat.

 Baik makanan asam folat untuk makan meliputi:
    * Sayuran berdaun hijau
    * Jeruk dan buah kiwi
    * Kacang polong
    * Kacang
    * Kol kembang
    * Dibentengi sarapan sereal
    * Dibentengi roti
    * Lain makanan yang diperkaya

Ini berguna untuk dicatat bahwa asam folat yang hilang ketika makanan dimasak, jadi disarankan untuk merebus sayuran hanya untuk waktu singkat atau uap mereka, untuk mempertahankan sebagai nutrisi sebanyak mungkin.

0 comments:

Posting Komentar