TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Berjemur Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

· · 0 comments



Berjemur Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Banyaknya informasi yang menyebutkan bahaya paparan langsung sinar matahari bagi kulit membuat orang-orang takut berjemur. Tapi siapa sangka kalau berjemur selama tiga jam memiliki manfaat yang luar biasa yakni dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Jika selama ini anda takut berjemur di bawah sinar matahari maka anda perlu mengetahui bahwa ternyata berjemur selama tiga jam setiap hari masih dalam taraf aman dan bagi para wanita dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker payudara sampai 50%.

Demikian kesimpulan yang diambil dari penelitian terhadap 3.101 orang penderita kanker payudara dan 3.471 orang wanita sehat.

Penelitian di lakukan di kanada dengan cara meminta para wanita tersebut berjemur selama beberapa jam setiap hari. Hasil penelitian menyebutkan bahwa rutinitas berjemur akan menghasilkan senyawa anti kanker yang kuat dan dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D dalam kulit tubuh.

Dan penelitian lebih lanjut dalam laboratorium menunjukkan bahwa sel-sel payudara memiliki kemampuan mengubah Vitamin D tersebut menjadi sejenis hormon yang bersifat anti kanker.

Hasil penelitian dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology dengan kesimpulan bahwa wanita yang berjemur dan mendapat sinar matahari yang cukup selama 21 jam selama seminggu pada masa remaja memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara sampai 29% dibandingkan dengan mereka yang hanya berjemur selama satu jam saja.

Studi tersebut juga menunjukkan manfaat berjemur pada pria yang sama baiknya. Semakin sering seorang pria berjemur maka semakin rendah risiko penyakit jantung dan stroke yang mungkin diderita dikemudian hari.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang ditakuti wanita. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa satu dari delapan wanita saat ini mengidap kanker payudara. Kanker ini seperti jenis kanker lainnya umumnya tidak terdeteksi sampai ketika kanker telah menjalar ke organ tubuh yang lain dan menjadi sulit disembuhkan. Beberapa kanker payudara mengharuskan operasi dan pengangkatan payudara untuk menyelamatkan hidup penderita.

Kanker Payudara? Kenalan yuk apa itu Kanker Payudara.

Kanker Payudara - Sudah sering mendengar nama ini kan kawan? so pasti. Karena nama ini sangat tidak asing ditelinga kita. Mendengar nama Kanker yang terdapat dalam pikiran kita tentu saja sebuah nama penyakit yang sangat berbahaya dan mengerikan? Momok mengerikan sama halnya dengan Kanker Serviks.

Menurut om Wikipedia.org, Kanker Payudara adalah kanker yang terjadi pada jaringan payudara. Kanker jenis ini umumnya terjadi pada kaum hawa. Meski kaum adam juga bisa terkena namun sangat kecil kemungkinannya. Pengobatan yang dilakukan untuk Kanker Payudara ini adalah dengan pembedahan. Dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Gejala, ciri-ciri, dan tanda Kanker Payudara
Gejala klinis terjadinya Kanker Payudara yang umum terjadi adalah sebagai berikut :

    Benjolan kecil pada payudara.Benjolan ini biasanya tidak nyeri dan ukuranya kecil. Tapi lama-lama membesar dan menempel pada kulit serta menimbulkan perubahan warna pada puting dan atau payudara.
    Eksema atau erosi pada puting.Selanjutya, kulit atau puting tertarik kedalam (retraksi), warna pink atau kecoklatan sampai menjadi oedema yang menyebabkan menjadi seperti kulit jeruk, mengkerut dan menjadi borok. Borok membesar dan mendalam hingga bisa merusak payudara. Busuk dan berdarah. Ciri-ciri lainnya adalah terjadinya pendarahan pada puting. Sakit/nyeri bila tumor sudah besar dan timbul borok. Kemudian timbul pembesaran pada ketiak yaitu kelenjar getah bening, terjadi pembekakan pada lengan. Kemudian terjadi penyebaran kanker ke seluruh tubuh.Kanker payudara tingkat lanjut sangat mudah diketahui. Yaitu adanya pada kulit payudara yang cukup luas, serta ada nodul satelit. Adanya edema pada lengan, metastase jauh, terjadi ulserasi kulit, edema kulit, kulit terfiksasi. Adanya kelenjar getah bening aksila.
    Nipple discharge atau keluarnya cairan.Gejala yang ktiga adalah keluarnya cairan yang tidak wajar dan spontan dari putih atau yang disebut dengan nipple discharge. Kenapa cairan ini dikatakan tidak normal, tidak lain karena cairan normal hanya keluar pada ibu hamil, sedang menyusui atau yang memakai pil kontrasepsi.Ciri cairan ini, cairan berdarah encer, warna merah atau coklat, keluar sendiri tanpa dipijit. Keluar dengan terus menerus pada satu payudara. Bagi anda yang mengalami ciri-ciri ini harus waspada dan segera periksa ke dokter untuk mencegah kanker makin parah.

0 comments:

Posting Komentar