TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manfaat Dan KHasiat Daun SISIK NAGA Beserta Penyakitnya

· · 0 comments

SISIK  NAGA
Kandungan Sisik Naga

Spoiler for kandungan sisik naga
Sisik naga mengandung minyak asiri, sterol/triterpen, fenol, flavonoid, tanin, dan gula. Tanaman ini memiliki sifat sedikit manis, tawar dan dingin. Berkhasiat sebagai antiradang, antitoksik, peluruh dahak, pencahar (laksan), dan menghentikan pendarahan.


Khasiat:


Herba ini berkhasiat untuk pengobatan Kanker payudara dan penyakit lainnya seperti gondongan (parotitis), TBC kelenjar (skrofuloderma), sakit kuning (jaundice, sakit perut, sembelit, kencing nanah (gonore), batuk, batuk darah, reumatik, keputihan, radang gusi, sariawan, dan luka berdarah. Pemakaian luar untuk penyakit kulit, seperti kudis dan kurap.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun atau seluruh herba baik dalam bentuk segar ataupun yang telah dikeringkan


Kanker payudara

SISIK  NAGA
dilumpuhkan oleh 4 ramuan tradisional, yakni daun sisik naga ( Drymoglossum piloselloides) satu lembar, dua serabut akar tembakau kedu, satu serabut akar benalu dan satu serabut akar pinang kuning. Rebus dengan 4 gelas air dalam periuk, hingga menjadi 3 gelas. Aturannya diminum pagi setengah gelas dan sore 1/2 gelas, bila dirasa perlu di minggu kedua ditingkatkan hingga 3 kali dalam sehari dengan dosis tetap 1/2 gelas. Dalam 6 bulan benjolan kanker yang keras akan berangsur-angsur lenyap. Tumor sifatnya lembek dibandingkan kanker yang lebih keras.



Pengobatan

 cara pengobatan
* Untuk obat yang diminum : Cuci bersih 15-60 g daun sisik naga, lalu rebus dan minum air rebusan tersebut setelah disaring.

* Untuk pemakaian luar : Gunakan air rebusan herba segar untuk mencuci bagian tubuh yang terkena penyakit kulit, atau berkumur bagi penderita sariawan dan radang gusi. Atau bisa juga dengan membubuhkan herba segar yang telah digiling sampai halus ke bagian yang sakit pada penyakit kulit, seperti kudis, kurap, radang kulit bernanah, radang kuku, atau luka berdarah.

Reumatik jaringan lunak (nonartikuler)

* Cuci 15-30 g daun sisik naga segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan airnya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
* Sakit kuning (jaundice)
* Cuci hingga bersih 15-30 g daun sisik naga segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan diminum sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Sariawan

Cuci 1 genggam daun sisik naga sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Gunakan air saringannya untuk berkumur selagi hangat.

Menghentikan perdarahan

Giling hingga halus 30 g daun sisik naga segar yang telah dicuci. Lalu, peras dan saring. Minum air saringan tersebut 3 kali sehari sampai sembuh.

0 comments:

Posting Komentar