TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Khasiat dan Manfaat Buah Naga Beserta Jenisnya

· · 0 comments

Khasiat Buah Naga.


Buah naga (Dragon fruit) akhir-akhir ini sering kita dengar, namun tak banyak orang yang mengkonsumsinya karena belum semua orang mengetahui khasiat buah naga.ebelumnya pada tahun 2001, buah naga hanya dapat dijumpai di negara seperti Israel, Australia, Thailan, dan Vietnam. Buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Cina kuno sebagai buah yang membawa berkat yang biasanya diletakkan di dekat patung naga di altar klenteng. Buah naga yang memiliki nama Cina Feuy Long Kwan ini memiliki nama-nama yang berbeda di setiap negara, seperti di Vietnam dikenal dengan nama Thang Loy, Thailand (Keaw Mang Kheon), Taiwan (Shien Mie Kuo), Meksiko (Pitahaya), Hawaii (Melano), Australia (Rhino Fruit), dan Indonesia dengan nama Bum Naga.
Buah naga terdapat empat macam jenis, yaitu :


  1. Buah naga daging putih (Hylocereus undatus). Di dalam daging buah naga terdapat biji hitam yang bertebaran. Jenis ini mudah Anda jumpai di pasar lokal maupun mancanegara. Memiliki cita rasa yang manis bercampur asam segar, dan kadar manisnya pun tergolong rendah dibandingkan dengan buah naga jenis lain. Mempunyai sisik atau jumbai hijau di sisi luar. Kadar kemanisannya 10-13 brik.
  2. Buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus). Dagingnya berwarna merah keunguan. Kadar kemanisan 13-15 brik.
  3. Buah naga daging super merah (Hylocereus costaricensis). Kulit buah berwarna merah dan berjumbai. Memiliki tingkat kemanisan 13-15 brik.
  4. Buah naga kulit kuning daging putih (Selenicerius megalanthus). Penampilannya berbeda dengan buah naga jenis lainnya tanpa sisik atau jumbai. Tekstur kulitnya cenderung halus, seperti apel, sehingga dijuluki kaktus apel. Kadar kemanisannya 15-18 brik.

Buah yang mirip dengan buah nanas ini, kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan serat cukup banyak sehingga bagi Anda yang sedang menjalani diet cocok mengkonsumsi buah ini. Tak hanya itu, buah naga yang nilainya ekonomis ternyata juga berkhasiat.

Bagi masyarakat Eropa, mereka mempercayai bahwa buah naga mampu menurunkan kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal, tulang, dan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mengobati keputihan, dan sebagai pelindung kesehatan mulut, termasuk sariawan.

Buah naga diyakini dapat difermentasi untuk menghasilkan minuman beralkohol. Bahkan Anda yang mengalami gangguan panas dalam seperti sariawan, disarankan untuk mengunyah satu jenis buah naga daging putih yang telah masak.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba buah naga, Anda dapat mencobanya sekarang karena khasiat buah naga sangat bermanfaat bagi tubuh Anda yang membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin

0 comments:

Posting Komentar