TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

BALITA MENGALAMI DIARE

· · 0 comments

www.aghifarisblogspot.com
Kalau si kecil mengalami diare,dengan buang be`ol encer dan sangat sering tetapi sedikit-sedikit.Maka kita jangan panik,usahakan bayi kita tetap beri Asi yang cukup untuk mengimbangi cairan yang terkuras karena diare.   

Salah satu penyakit yang sering dialami bayi adalah diare. Tapi pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, maka diare yang terjadi adalah normal dan tak perlu dihentikan pemberian ASInya. Air susu ibu (ASI) mengandung jumlah laktosa yang tinggi, dan laktosa ini merupakan komponen penting bagi otak anak. Terkadang laktosa ini bisa menyebabkan bayi mengalami diare. Laktosa yang tinggi pada bayi yang baru lahir bisa menyebabkan diare, tapi kondisi ini merupakan suatu hal yang normal atau fisiologis sehingga tidak perlu menghentikan pemberian ASI, karena pada bayi yang baru lahir pembentukan enzim lipase yang berfungsi memecah laktosa belum sempurna, sehingga menyebabkan bayi diare, dan lipase akan berfungsi optimal saat berusia 4-6 bulan.

karena pada bayi yang baru lahir pembentukan enzim lipase yang berfungsi memecah laktosa belum sempurna, sehingga menyebabkan bayi diare, dan lipase akan berfungsi optimal saat berusia 4-6 bulan. karena pada bayi yang baru lahir pembentukan enzim lipase yang berfungsi memecah laktosa belum sempurna, sehingga menyebabkan bayi diare, dan lipase akan berfungsi optimal saat berusia 4-6 bulan. karena pada bayi yang baru lahir pembentukan enzim lipase yang berfungsi memecah laktosa belum sempurna, sehingga menyebabkan bayi diare, dan lipase akan berfungsi optimal saat berusia 4-6 bulan.Sedangkan pada anak yang diberikan susu formula cenderung mengalami susah untuk buang air besar


Diare bisa menimpa siapa saja termasuk pada bayi. Dengan mengetahui penyebab dari diare, maka orangtua dapat mengerti apa yang bermasalah pada bayinya. Penyakit diare tidak bisa dianggap sepele, karena jika berlangsung terus menerus dapat menyebabkan dehidrasi dan berbahaya bagi organ-organ tubuh.

Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan panduan untuk mengetahui apa penyebab diare pada bayi, yaitu:


1.Jika diare yang terjadi disertai dengan muntah, sakit perut, demam, menggigil, perasaan sakit, maka kemungkinan ada masalah pada gastroenteritis (pencernaan).


2. Diare terjadi setelah bayi mengonsumsi obat tertentu seperti antibiotik atau obat lainnya, kemungkinan disebabakan oleh efek samping dari obat yang dikonsumsi.


3. Diare terjadi setelah bayi mengonsumsi susu formula atau terlalu banyak makanan tertentu, kemungkinan diare diakibatkan oleh masalah makanan atau susu.


4. Bayi menjadi rewel setelah menyusui, perut kembung, diare dan kotoran yang ada menimbulkan bau tak sedap, kemungkinan disebabkan oleh laktosa intoleransi atau tidak dapat mentoleransi laktosa yang ada di dalam susu


5.Diare disertai oleh perut yang kembung, gas dan kotoran yang seperti berminyak, kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi parasit


Pengobatan secara alami dapat dilakukan dengan buah sawo yang sangat muda.


Tentang sakit desentri dan diare terutama bagi balita ,alangkah baiknya bila menggunakan resep pengobatan herbal saja karena tak ada efek samping negatifnya buat tubuh balita selain rasa sepet..


.pertama: siapkan sawo yang masih muda banget dengan diameter 5 - 10 cm,

kedua: cuci dengan air matang (air yang sudah direbus)dan kupas kulitnya,

ketiga : parut dengan parutan kelapa tapi jangan lupa melapisi parutan dengan daun pisang atau plastik yang bersih,

keempat: peras hasil parutan tadi dengan ditambah sedikit air bila perlu kalau hasil perasan sudah berair tidak perlu ditambah air lagi.

Berikan ramuan tadi sehari tiga kali. Insya Allah sembuh dan disentri/diare sembuh.

.

0 comments:

Posting Komentar