TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

5Tips Sehat Puasa Ramadhan.

· · 0 comments

5tips-sehat-puasa-ramadhan
5Tips Sehat Puasa Ramadhan.
1. Makanlah “Karbohidrat Kompleks” Saat Sahur
Mengingat berjam-jam berpuasa, kita harus mengkonsumsi apa yang disebut dengan 'karbohidrat kompleks ' atau makanan yang lambat dicerna oleh tubuh, sehingga bisa mengurangi lapar pada siang hari. Seperti yang ditemukan dalam beras, gandum, kacang-kacangan.

Makanan-makan yang diperlukan selama bulan berpuasa diantaranya Roti, sereal, susu, ikan, daging, unggas, sayur dan buah. Bahkan asupan buah-buahan setelah makan sangat dianjurkan.

2. Makanlah Glukosa Saat Buka
Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian.

Kurma adalah makanan yang paling direkomendasikan. Selain mengandung gula, kurma juga mengandung serat, karbohidrat dan magnesium. Bahkan sejak zaman Rasulullah SAW kurma banyak dikonsumsi saat berbuka puasa dan telah menjadi Sunnah Rasul.

3. Hindari Fast Food
Kurangi Makanan Cepat Saji dan gorengan. karena jenis makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri di ulu hati, dan masalah berat badan.

4. Konsumsi Cukup Air
Konsumsi air dan jus antara berbuka dan tidur untuk menghindari dehidrasi dan untuk detoksifikasi sistem pencernaan saat berpuasa. Hindari asupan kafein dalam jumlah besar terutama saat sahur.

5. Tetap Olahraga
Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

Itulah 5 tips sehat puasa yang saya sajikan khusus untuk sobat blog tips kesehatan, khususnya yang beragama Islam.


Berbuka puasa adalah waktu yang paling di tunggu-tunggu oleh kita semua. Waktu dimana kita dapat melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Kondisi tubuh yang kurang cairan, perut yang kosong seharian terkadang membuat kita melahap habis semua menu yang tersedia pada saat buka puasa.

Kecendrungan seperti diatas tanpa kita sadari malah akan membuat kita sakit. Lalu bagaimana agar tetap sehat saat berbuka puasa sehingga kita masih dapat melanjutkan puasa pada hari-hari selanjutnya.

Berikut ini beberapa tips nya……….
  1. Jangan menunda waktu berbuka puasa.
  2. Hindari air ES, karena minum air Es dapat menunda lapar. Sehingga kita akan lupa makan nantinya.
  3. Minumlah secukupnya dulu dan makan secara bertahap baik dalam jumlahnya maupun intensitasnya.
  4. Awali dengan makan makanan yang manis-manis. Ini untuk mengembalikan energi  tubuh anda yang terkuras. Buah kurma segar dapat menjadi pilihan terbaik untuk ini boleh juga menggantinya dengan kue-kue jajan pasar yang manis.
  5. Beri waktu satu jam, barulah konsumsi makanan penuh sesuai dengan porsi anda biasanya. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang tentunya.
  6. Hindari makan makanan yang mengandung bumbu yang terlalu “ merangsang “.
  7. Berhentilah makan sebelum kenyang.
  8. Ada tambahan dari pembaca, dengan senang hati………….

    Mungkin sobat sehat punya pendapat lain ? saya harap dapat berbagi.




>> .بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
Assalamualaikum W Wb……
Terselip Khilaf dlm canda
Terbelit pilu dlm tingkah
Tersinggung rasa dlm bicara
Mri qta sling m’f mm’afkn
Smga qt ttp stia dlm stu jmbatan
Stu Do’a & stu tjuan dlm mnuju
RIDHO di jln ALLAH  Ramadhan tiba,. izinkan saya selaku admin blog ini untuk meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pembaca yang selama ini telah setia mengunjungi blog ini.
 Semoga dibulan Ramadhan nanti, kita bisa mendapatkan barokah dan ampunan dari Allah SWT. Amien.<<5Tips Sehat Puasa Ramadhan.

0 comments:

Posting Komentar