TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

TIP SUKSES MEMBUAT PUDING:

· · 1 comments

Tips membuat puding,Puding sangat gampang dan mudah di buat,Berikut tips sederhana supaya puding yang kita buat sukses dan cantik tentunya :

TIP SUKSES MEMBUAT PUDING:
  • Selalu memperhatikan jumlah ukuran air, setiap satu paks agar-agar biasanya 7 gr dan memerlukan 600 ml cairan. kelebihan air akan menyebabkan puding lembek sedangkan kurang cairan akan menyebabkan puding keras. cairan disini adalah semua cairan yang dipakai, termasuk air, susu, jus atau cairan lainya.
  • Basahi cetakan puding dengan air matang sebelum digunakan untuka mencetak agar puding lebih mudah dilepaskan.
  • Merebus susu dan santan untuk puding harus terus menggunakan api sedang dan terus diaduk agar tidak pecah/menggumpal.
  •  Gunakan gula pasir yang berwarna putih agar puding tidak keruh.
  • bahan aroma seperti vanili, rum, esen buah atau pasta pandan sebaiknya ditambahkan terakhir kali sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian agar aroma tidak menguap.
  • Bahan yang kerap digunakan untuk membuat puding adalah agar-agar atau gelatin. Ada 2 macam bentuk agar-agar yaitu yang berbentuk batangan atau bubuk. Dalam pemakaiannya bentuk bubuk lebih praktis.
  • Basahi dulu cetakan yang akan digunakan agar puding mudah saat dikeluarkan.
  • Untuk puding yang berlapis-lapis, tunggu hingga lapisannya agak mengeras baru ditambah dengan lapisan lain. Tetapi jangan menunggu lapisan terlalu keras, karena kalau terlalu keras, lapisan berikutnya tak akan melekat.
  • Jika puding telanjur mengeras sebelum dituang ke cetakan, cairkan lagi di atas api sedang dengan menambah sedikit air



Tips Membuat Puding Buah


  1. tips membuat puding buahTidak semua anak suka makan buah. Sebagian besar keluhan para ibu justru anaknya emoh makan buah. Padahal menyantap buah setiap hari wajib hukumnya. Karena itu kalau anak Anda tidak mau makan buah, siasati kehadiran buah dalam aneka penganan kesukaannya. Salah satunya tentu dalam puding buah yang lezat.
  2. Selain itu, kehadiran buah dalam puding membuat puding kaya rasa. Puding bertambah segar, baik dalam rasa maupun penampilan. Dan karena buah umumnya beraroma khas, maka puding Anda pun jadi kaya aroma. Kalau mau ditambah aromanya, Anda masih bisa membubuhi esens buah yang dimasak.
  3. Buah yang dijadikan puding, bisa hanya diambil sarinya, yakni dengan cara diblender lebih dahulu, bisa juga cuma dipotong-potong atau dicincang kasar. Tentu bila anak Anda tak suka buah, puding yang memperlihatkan potongan buah sebaiknya dihindari. Setelah diblender buah bisa langsung dicampur air atau susu, agar-agar, dan bahan lainnya dijadikan puding.
  4. Khusus untuk puding advokad, hati-hatilah dalam memilih buahnya. Pastikan buah sudah cukup matang. Advokad yang sedikit mentah saja, sudah menghasilkan puding yang pahit. Keruk daging buahnya betul-betul yang berwarna kuning terang. Sedikit saja berikut bagian yang hijau, pahitlah seluruh adonan puding Anda.
  5. Buah tak harus hanya ditambahkan dalam puding. Dijadikan saus pun, oke, kok. Puding yang pahit, macam puding cokelat sungguh pas disajikan dengan aneka saus buah. Begitu juga puding yang kaya susu. Rasa pahit dan gurih sungguh pas bersanding dengan sari buah. Hampir semua buah yang berair cocok dijadikan saus puding. Jeruk, nanas, atau apel, boleh Anda coba. Nah, tunggu apalagi. Mari kita coba membuatnya

1 comments:

  1. Terima kasih tips2 nya ... bermnafaat :d

    waktunya qt buat pudinggg :d

    BalasHapus