TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Penelitian Lebah Mengikuti Terpolarisasi Cahaya Melalui Sebuah Labirin

· · 0 comments

Lebah mengikuti terpolarisasi cahaya melalui sebuah labirin

Lebah menavigasi oleh matahari - jadi bagaimana mereka mengelola saat itu mendung?

Ternyata bahwa mereka membaca petunjuk tersembunyi posisi matahari dalam cahaya terpolarisasi - seperti yang dilakukan oleh Viking , menurut satu teori.

Lebah ' mata dapat melihat orientasi cahaya terpolarisasi .Karena sinar matahari melewati atmosfer mengambil suatu pola polarisasi karakteristik yang mengungkapkan lokasi matahari

Ia telah lama menduga bahwa lebah digunakan khusus 'fotoreseptor mata mereka untuk menavigasi ketika matahari tertutup oleh awan

Kata Mandyam Srinivasan dari Universitas Queensland di Brisbane, Sekarang dia mengatakan dia telah "bukti utama" bahwa teori ini benar.

Dia dan timnya menciptakan sebuah "labirin" sederhana dari empat terowongan diatur dalam salib, dan membanjiri dua koridor dengan paralel terpolarisasi cahaya dengan panjang koridor, dua lainnya dengan cahaya terpolarisasi tegak lurus ke koridor.

Mereka kemudian melatih sekitar 40 lebah untuk masuk maze melalui satu koridor dan keluar melalui kedua yang memiliki pahala gula di ujungnya - koridor di sebelah kanan pintu masuk koridor.

Baik pintu masuk dan "benar" keluar koridor yang terang dengan sinar terpolarisasi tegak lurus dengan panjang koridor's - lampu di koridor ke kiri dan lurus ke depan dipenuhi dengan cahaya terpolarisasi ke arah lain.

Bebas gula

Setelah pelatihan, Srinivasan dihapus gula. Lebah terus memilih "benar" koridor - sisi kanan satu - 74 persen dari waktu rata-rata. Dari mereka yang tidak, 15 persen terbang lurus ke depan dan 11 persen berbelok ke kiri.

Tapi ketika tim berubah pencahayaan sehingga koridor lurus ke depan membawa karakteristik pola keluar "benar", sebagian besar lebah - 56 persen - memilih untuk keluar dari sini sebagai gantinya.

Nomor memilih koridor kanan turun menjadi 31 persen - sisanya 13 persen berbelok ke kiri.

Switching yang "benar" pola polarisasi lagi - kali ini ke koridor kiri - mengubah perilaku lebah 'sekali lagi, mendorong 51 persen dari lebah untuk mengambil rute kiri keluar lorong. Hanya 14 persen terbang lurus ke depan, dan 34 persen per right berubah.

Lebah membaca dan tetap "setia" dengan pola polarisasi, yang mereka tampaknya telah dikaitkan dengan pahala gula, kata Srinivasan.

Adrian Dyer, seorang ilmuwan visi di Royal Melbourne Institute of Technology, Australia, mengatakan lebah sudah dikenal untuk menavigasi menggunakan landmark, bau dan sensor jarak - studi baru "jelas menunjukkan" mereka juga menggunakan polarisasi cahaya, katanya.

Ini sangat luar biasa bagaimana suatu otak kecil dapat menggabungkan informasi sensorik begitu banyak untuk melaksanakan tugas-tugas navigasi yang kompleks," katanya.

0 comments:

Posting Komentar