TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Mengenal Dan Menentukan Alat KB Yang Tepat

· · 0 comments


Pengenalan tipe kontrol kelahiran /KB   dan pilihan

Jika seorang wanita aktif secara seksual dan dia subur - fisik dapat menjadi hamil - "?

Apakah saya ingin menjadi hamil sekarang" dia perlu bertanya sendiri, ?

Jika jawabannya adalah "Tidak," dia harus menggunakan beberapa metode pengendalian kelahiran (kontrasepsi) atau KB.

Jika seorang wanita tidak ingin hamil pada saat ini dalam hidupnya, apakah dia berencana untuk menjadi hamil di masa depan? yang akan datang?  Pernah?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dapat menentukan metode pengendalian kelahiran bahwa ia dan laki-laki pasangannya menggunakan seksual - sekarang dan di masa depan.

Ada sejumlah cara yang berbeda untuk menggambarkan pengendalian kelahiran. Persyaratan meliputi kontrasepsi / KB, kehamilan pencegahan, pengendalian kesuburan, dan keluarga berencana.

Tapi tak peduli apa proses ini disebut, secara seksual orang yang aktif dapat memilih dari sejumlah besar metode untuk mengurangi kemungkinan mereka hamil.

Namun demikian, tidak ada metode pengendalian kelahiran yang tersedia saat ini menawarkan perlindungan sempurna terhadap infeksi menular seksual pada wanita , dan infeksi menular seksual pada laki-laki (penyakit menular seksual, atau PMS), kecuali pantang.

Diperkirakan bahwa ada lebih dari tiga juta kehamilan yang tidak direncanakan setiap tahun di Indonesia

Setengah dari kehamilan yang tidak direncanakan terjadi karena pasangan tidak menggunakan alat kontrasepsi /KB sama sekali, dan setengah lainnya terjadi karena pasangan menggunakan kontrol kelahiran, tetapi tidak benar.

Secara sederhana, semua metode pengendalian kelahiran didasarkan pada baik mencegah sperma seorang pria dari mencapai dan memasuki telur wanita (pembuahan) atau mencegah sel telur yang dibuahi dari menanamkan di dalam rahim wanita (rahim) dan mulai tumbuh.

Metode pengendalian kelahiran dapat reversibel atau permanen.

Pengendalian kelahiran Reversible berarti bahwa metode tersebut dapat dihentikan pada dasarnya setiap saat tanpa-jangka efek panjang pada kesuburan (kemampuan untuk menjadi hamil).

Pengendalian kelahiran Permanen biasanya berarti bahwa metode tersebut tidak dapat dibatalkan atau terbalik, kemungkinan besar karena melibatkan operasi.

Contoh metode permanen
Termasuk vasektomi untuk pria atau ligasi tuba untuk wanita.

Metode pengendalian kelahiran juga dapat diklasifikasikan menurut apakah mereka adalah metode penghalang (misalnya, sebuah kondom ) yang menghalangi sperma, metode mekanik (misalnya, sebuah alat kontrasepsi [IUD]), atau metode hormonal (misalnya, yang "pil" ).

Alam" metode tidak bergantung pada perangkat atau hormon namun pada mengamati beberapa aspek fisiologi Tubuh seorang wanita untuk mencegah pembuahan.

Tanggung jawab langsung untuk sebagian besar metode pengendalian kelahiran yang saat ini tersedia di tangan perempuan itu.

Masukan dari seorang praktisi kesehatan kadang-kadang mungkin penting dalam memilih kontrol kelahiran yang tepat.

Metode pengendalian kelahiran baru sedang dikembangkan dan diuji sepanjang waktu. Dan apa yang tepat untuk pasangan pada satu titik dapat berubah seiring dengan waktu dan keadaan.


Sayangnya, tidak ada metode kontrol kelahiran / KB, kurang 100% efektif.

0 comments:

Posting Komentar