TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal TERONG Beserta Penyakitnya

· · 0 comments

Tanaman Herbal  Terong

Nama  latin : Salanum Melongena

Nama lokal : Terong

Diskripsi      : Terong (Solanum melongena) merupakan tanaman setahun berjenis perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi

60-90 cm. Terong ialah tumbuhan pangan yang ditanam untuk buahnya. Asal-usul budidayanya

berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis pada tahun 544. Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut Tengah oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan. Nama ilmiahnya, Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke-16 untuk sejenis tanaman terung.

Berikut adalah ciri tanaman herbal terong :

  • Daun tanaman ini lebar dan berbentuk telinga.
  • Bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga yang sempurna, biasanya terpisah dan terbentuk dalam tandan bunga.
  • Buahnya berwarna ungu dan hijau.

Zat-zat yangterkandung didalam herba terong :

Komponen flavonoid seperti nasunin juga merupakan antioksidan serta pemberi proteksi membran sel tubuh terhadap radikal bebas dengan memberi makanan bergizi bagi otak. Membran sel dalam otak mengandung lipid yang tidak hanya memproteksi tubuh dari radikal bebas tapi juga mengabsorbsi nutrisi untuk tubuh dan membuang hasil metabolisme tubuh.
Nasunin juga berfungsi sebagai pengkat zat besi jika terjadi kelebihan zat besi di dalam tubuh. Zat besi memang baik untuk fungsi immunitas dan transport oksigen dalam tubuh. Tapi jika berlebihan, zat besi dalam tubuh akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman herbal terong :

  1. Sebagai alat kontrasepsi, terutama bagi kaum pria.
  2. Sebagai zat anti reumatik, digunakan sebagai lalap.
  3. Untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya, dengan cara sayuran tersebut dikeringkan termasuk buahnya.
  4. Secara emperis sayuran ini dapat mengobati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gas tritis dan bekas luka bakar.
  5. Anti kejang yang relatif sulit diketahui dengan pasti kapan terjadi serangannya.
  6. Sebagai herba untuk merendam penyakit gugup.
  7. Sebagai herba pengusir kepanikkan

Itulah tadi beberapa pengertian dan manfaat terong, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

Dari berbagai sumbe

0 comments:

Posting Komentar