TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Kolesterol Terlalu Rendah Juga Berbahaya

· · 0 comments

Kolesterol Terlalu Rendah Juga Berbahaya
Dapatkah kadar kolesterol total Anda terlalu rendah?

Tingkat darah tinggi kolesterol meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.kolesterol rendah biasanya lebih baik, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, memiliki tingkat rendah low-density lipoprotein (LDL, atau "buruk") kolesterol atau kadar kolesterol total rendah bisa meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan.

Dokter masih mencoba untuk mengetahui lebih lanjut tentang hubungan antara kolesterol rendah dan risiko kesehatan.

    * Cancer
    * Depresi
    * Kegelisahan
    * lahir prematur dan berat lahir rendah jika kolesterol Anda rendah saat Anda sedang hamil

Idealnya, kolesterol total dan kadar kolesterol LDL seharusnya jatuh di kisaran tersebut:

    * Total kolesterol di bawah 200 miligram per desiliter (mg / dL), atau 5,2 milimol per liter (mmol / L)
    * LDL kolesterol di bawah 100 mg / dL (2,6 mmol / L) - atau di bawah 70 mg / dL (1,8 mmol / L) jika Anda berisiko sangat tinggi penyakit jantung

Jika Anda khawatir tentang tingkat kolesterol Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.  Ia dapat menentukan kisaran kolesterol yang paling sesuai untuk Anda.

Kita sudah sering mendengar bahwa kelebihan kadar kolesterol dalam darah merupakan salah satu faktor utama terjadinya kelainan jantung. Kolesterol yang terlalu rendah ternyata sama berbahayanya.

Kolesterol merupakan molekul sejenis lipid dalam aliran darah. Kolesterol diproduksi hati dan dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Kolesterol bermanfaat untuk pembentukan selaput sel, beberapa hormon tertentu, dan jaringan yang diperlukan lainnya.

Kadar kolesterol dalam darah yang normal adalah kurang dari 200 miligram per dL, kolesterol jahat (LDL) kurang dari 130 mg/dL, kolesterol HDL lebih  dari 45 mg/dL, dan trigliserida kurang dari 200 mg/dL.

Seseorang dinyatakan kelebihan kadar kolesterol dalam darah atau kolesterol tinggi jika total kadar kolesterol mencapai lebih dari 240 mg/dL. Kelebihan kolesterol jahat bisa mengakibatkan penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Di lain pihak kolesterol yang terlalu rendah atau kurang dari 160 mg/dL ternyata juga tidak dianjurkan karena berbahaya untuk kesehatan.

Penelitian menunjukkan, ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol total terlalu rendah beresiko tinggi melahirkan bayi prematur. Jumlah kolesterol total dan LDL terlalu rendah juga terkait dengan depresi, kecemasan dan penyakit kanker

0 comments:

Posting Komentar