TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

· · 0 comments


INGIN TAMPIL Menawan? MAKAN WORTEL

Di antara jenis sayur lainnya, rasa-rasanya wortel termasuk jenis sayuran yang paling digemari. Citarasanya manis dan teksturnya renyah. Cocok sekali dijadikan camilan yang menyehatkan. Jika Anda tak doyan sayuran kesukaan kelinci ini, Anda termasuk kelompok yang merugi
Wortel adalah tanaman sayuran yang berwarna merah yang umbinya tumbuh didalam tanah, biasanya wortel ditanam didaerah
Ini merupakan gambar wortel yang berkhasiat tinggi

pegunungan. Tanaman ini selain sebagai sayur bisa  dijadikan sebagai obat herbal dan bisa juga untuk  perawatan kulit. Wortel banyak mengandung vitamin A, yang berkhasiat sebagai obat herbal penyakit mata. Sekarang ini ada penelitian baru bahwa wortel bisa membuat kulit menjadi bercahaya dan menarik.

Peneliti di St Andrews and University of Bristol menunjukkan bahwa wanita dan pria yang rajin makan sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat seperti wortel dan pulm, bisa memiliki kulit kuning bercahaya yang dianggap sangat menarik dan sehat.

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat biasanya mengandung pigmen yang disebut karotenoid. Zat ini ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu yang memainkan peran penting dalam memberikan kulit yang bercahaya.

“Hubungan antara kulit kuning bercahaya dan karotenoid membuka strategi baru untuk mendorong orang agar mau makan lebih banyak buah dan sayuran,” jelas Ian Stephen

Stephen mengatakan hanya butuh waktu dua bulan rutin mengonsumsi wortel untuk dapat melihat hasil nyata pada kulit.

“Menyuruh orang makan sayur dan buah dengan alasan agar tidak terkena serangan jantung di usia 40 tahun mungkin tampak lebih berat ketimbang mengatakan bahwa sayur dan buah bisa membuat orang lebih menarik dalam beberapa bulan,” lanjut Stephen.

Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior

Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas

Wortel atau Daucus carota merupakan tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Selain untuk kesehatan mata dan kulit, sayur yang banyak mengandung beta-karoten, vitamin A, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan besi ini dapat juga berfungsi menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah dan membersihkan cacing kremi.

0 comments:

Posting Komentar