TOKOHERBALANNA.COM

05/02/11

Kandungan Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0 comments
Wortel adalah sayuran yang sangat baik karena memiliki nilai gizi dan obat yang penting untuk kesehatan optimal kita.

Wortel adalah sayuran akar dapat dimakan yang berasal dari Asia. Ini keuntungan yang sangat tinggi di negara-negara Barat seperti yang telah dianggap sebagai hidangan terbaik untuk nilai-nilai yang luar biasa gizi dan obat.

Bahkan Belanda telah mendaftarkan wortel sebagai salah satu hidangan nasional mereka.

Wortel mengandung nutrisi yang sangat lengkap untuk memberikan tubuh kita enzim esensial, vitamin dan mineral.

Untuk setiap 100 gram, wortel memiliki 7,6 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, 0,3 gram lemak, 30 miligram kalsium dan 0,6 miligram zat besi.

Juga, adalah sumber yang baik serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, biotin, kalium dan tiamin.



Yang terbaik dari wortel adalah bahwa hal itu mudah diasimilasi oleh tubuh kita.

Praktisi Cina mengatakan wortel yang rasanya manis, dan itu baik untuk kesehatan limpa dan lambung.

Hal ini juga diyakini untuk meningkatkan impotensi (lebih rendah dorongan seksual), disfungsi seksual, kebutaan malam, batuk jangka panjang disamping memperkuat ginjal dan menghilangkan angin dan dingin yang berlebihan dalam tubuh kita.

Wortel telah membuktikan peran yang luar biasa dalam efek anti-kanker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kurangnya beta-karoten lebih cenderung memiliki risiko 2 kali lebih tinggi dari kanker dibandingkan orang normal.

Ini adalah bijaksana untuk makan jumlah yang tepat wortel per hari untuk mencegah kanker.

Hal ini karena beta-karoten dalam wortel dapat dengan mudah diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A, yang penting untuk pertumbuhan sel sehat, sistem kekebalan yang kuat dan perlindungan terhadap degenerasi mascular (AMD).

Penelitian ini juga menemukan wortel yang mengandung sebagian besar asam folat, kelompok vitamin B, yang memiliki efek yang baik untuk melawan radikal bebas (zat yang menyebabkan kanker) dalam tubuh kita.

yang ditemukan dalam wortel juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan sel-sel kanker.

Suksinat Potash, sifat obat anti hipertensi juga dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu, juga dianggap sebagai diet yang baik bagi penderita hipertensi's

Seperti wortel adalah zat yang larut dalam lemak, nutrisi yang diserap lebih baik dengan kehadiran minyak.

Oleh karena itu, lebih baik untuk mencelupkan satu tetes minyak zaitun ke dalam segelas jus wortel sehingga tubuh kita dapat secara efektif menyerap nutrisi tersebut

Khasiat  wortel adalah  sebagai berikut:


Sari Wortel
Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas

Leave a Reply