TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

AGAR ANAK MANDIRI DAN BERTANGGUNGJAWAB

· · 0 comments



anak mandiri dan bertanggung jawab

Utuk mengajari anak bisa bertanggung jawab perlu dilatih sejak dini,Dimulai dari dirinya sendiri.

Anak mampu memahami ajuran,saran, atau perintah dari gurunya atau dari orang tua.

Saat ini banyak orang tua yang masih harus sibuk dengan urusan sekolah anak mereka, seperti mengingatkan anak untuk mengerjakan PR, mengingatkan jadwal ujian, dan mencarikan guru les atau lembaga les agar anak mereka mau belajar dan mempersiapkan ujian.

Meminta anak untuk belajar dan mengetahui manfaatnya tidaklah cukup untuk medidik anak menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Menurut Thomas Lickona, ada tiga tahap yang harus dilalui :

1. Moral Knowing

Orang tua harus menumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya belajar dan pastikan anak memiliki alasan untuk mengapa mereka harus belajar.

2. Moral Feeling

Orang tua juga harus menumbuhkan rasa percaya diri pada anak akan kemampuan mereka dan mendidik anak untuk memiliki self control yang baik.

3. Moral Action

Pastikan anak memiliki kebiasaan belajar dan berprestasi dalam dunia pendidikan.

Dengan tiga tahapan tersebut, orang tua bisa memulai untuk menuntun anak menjadi mandiri dan bertanggung jawab akan tugasnya sendiri. Selain itu berikanlah tugas-tugas atau latihan konkrit agar anak bisa berlatih secara langsung. Berikut beberapa langkah praktis untuk membantu anak menjadi lebih mandiri.



Sikap mandiri perlu di tanamkan pada anak sedini mungkin. Bila anak mandiri, anak akan percaya diri dimanapun berada.

1. Mintalah merapikan kamar tidur sendiri
Setiap pagi, mintalah anak sekurang2nya 10 menit untuk merapikan kamar tidurnya sendiri. Selimut supaya dilipat yg baik, demikian pula bantal dan guling. Buku dan alat tulis di meja ditata rapi. Mintalah membuka jendela agar sirkulasi udara lancar.

2. Mempersiapkan diri sebelum ke sekolah
Setiap malam sebelum tidur, pastikan anak menyediakan kelengkapan sekolah sendiri. Misalnya, baju sudah disetrika, buku2 dan peralatan sekolah dimasukkan kedalam tas. Hal ini agar anak tidak kalang kabut pada pagi hari.

3. Ajari meletakkan barang pada tempatnya
Ajari anak meletakkan barang pada tempatnya. Karena itu sediakan rak2 barang di sudut kamar tidur, ruang tamu dan dapur supaya anak tidak kesulitan meletakkan barang miliknya. Dengan cara seperti itu, anak mudah mengambil kembali barang itu bila diperlukan.

4. Menyiapkan makanan di meja makan
Ketika anda menyiapkan makanan dimeja makan, mintalah anak ikut membantu. Pastikan barang2 yg di pegang anak tidak mudah pecah. Sehabis makan, mintalah anak membawa piring ke tempat cuci piring sekaligus mencucinya sendiri.

5. Mintalah meletakkan pakaian kotor pada tempatnya
Mintalah anak memasukkan pakaian kotor pada tempatnya. Ingatkan, bila sembarangan meletakkan pakaian kotor, pakaiannya tidak akan dicuci. Sediakan tempat pakaian kotor, dan pastikan anak memasukkan pakaian kotor setiap hari.

6. Ajari ambil makan sendiri
Anak2 dalam masa tumbuh kembang suka makan. Karena itu siapkan makanan, termasuk makanan camilan. Ajarkan anak untuk mengambil makanan sendiri.

7. Bersih2 bersama di hari libur
Pada hari minggu ajari anak bersih2 seluruh rumah bersama anggota keluarga yg lain. Pilihlah pekerjaan yg harus dilakukan anak sesuai usianya. Kegiatan itu bisa dua tiga jam setelah sarapan pagi. Sesudah selesai ajak anak jalan2 untuk rekreasi.
 

 -       Membiasakan anak merawat tubuhnya sendiri seperti mandi dan ganti baju setiap hari

-         Menata buku pelajaran sendiri

-         Mengerjakan PR sendiri dengan sesekali bertanya

-         Mengajari anak menyelesaikan masalah sehari-hari dengan temannya sendiri

-         Membiasakan anak merapikan tempat bermainnya setiap selesai bermain

0 comments:

Posting Komentar