TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

5 FAKTA MAKANAN SAMPAH

· · 0 comments

aghifarisblogspot yakin kalau  dari kita semua sudah pernah bahkan sering mendengar tentang bahayanya mengkonsumsi makanan sampah secara berlebihan.

Dari sebutannya saja kita sudah mahfum bahwa makanan tersebut dapat dikategorikan sebagai makanan rendah gizi.

Selain jumlah nutrisi yang dimiliki makanan sampah sangat rendah, nilai gizi dan asupan penting dalam makanan inipun tergolong tidak ada.

Namun fakta bahwa makanan sampah itu layak dan berasa sangat lezat, tidak dipungkiri itu memang trik atau cara produsen dalam mengolah makanan tersebut sehingga menggugah selera. Namun tahukah rekans, dibalik makanan super lezat ini terkandung bahan tambahan yang dapat mengganggu kesehatan anda?

Makanan sampah junk food

1. Kadar Gula dan Garam yang tinggi
Untuk mencapai rasa lezat, biasanya masakan sampah akan menambah porsi garam dan atau gula pada makanan yang disajikan.

Selain itu, penyedap rasa MSG juga diberikan dalam takaran tinggi plus diberi tambahan zat pewarna dan pengawet untuk memperbaik tampilan makanan-makanan tersebut. Tanpa kita sadari, mengkonsumsi makanan dan zat-zat yang terkandung didalamnya secara teratur akan mempercepat tumpukan kolesterol yang tinggi. Penyakit yang umum disebabkan kolesterol tinggi adalah darah tinggi, Kegemukan, kadar gula darah naik, serta Jantung.

2. Kalori diatas rata-rata
Nilai asupan kalori Pria dewasa sekitar 1900 Kal dalam satu kali santapan. Makanan sampah secara mengejutkan menyajikan 2000 Kal per santapan.

Dan keblingernya, Kalori tinggi justru jadi barometer makanan bergizi. Namun tahukah rekans, penumpukan kalori yang berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh anda. Apalagi makanan sampah dikonsumsi oleh anak-anak yang notabene dalam masa pertumbuhan. Bayangpun…

3. Menyebabkan Adiksi dan Depresi
Menurut Dr.Paul Kenny, seorang ahli saraf dari Florida’s Scripps Research Institute, menyatakan bahwa kalori berlebih dapat memicu respon adiktif di Otak.

Sifat adiktif makanan sampah itu seperti narkoba – memberi efek fly, tenang, nyaman.

Selain itu, kadar lemak yang dikandung makanan sampah dapat membuat konsumen lepas kendali, salah satu ciri adiksi.

4. Penyebab obesitas dan berbagai penyakit
Akibat sifat adiktif makanan sampah, konsumen akan mengalami dorongan untuk mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang terus bertambah.

 Cirinya adalah obesitas. Selain itu, kandungan zat yang ada didalam makanan sampah dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, diabetes dan jantung.

5. Penyebab penyakit Kanker (Kantong Kering)
Selain penyakit diatas, makanan sampah juga menyebabkan kantong kering. Harga makanan sampah termahal dikelasnya.

Namun herannya, makanan cepat saji yang juga cepat membawa penyakit disuka banyak orang.

Namun rekans pikirkanlah membeli makanan sampah sama dengan membeli penyakit. Oooi, alangkah malangnya. Kita ditipu mentah-mentah, beli penyakit dengan harga mahal.

Tidak sebanding.

 Sebagai catatan, makanan sampah saya akui memang lezat dan menggugah selera.
Namun saya bukan anti makanan sampah, tapi mengkonsumsi dengan cermat dalam skala waktu dan jumlah yang tidak terlalu banyak tentu kita dapat menikmati makanan sampah ini dengan aman….Mungkin…

0 comments:

Posting Komentar