TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

MENGHIBUR ANAK MENANGGIS

· · 0 comments





MENGHIBUR ANAK MENANGIS
Senjata menangis merupakan satu-satunya bentuk komunikasi seorang anak dengan dunia baru. Sebuah tangisan anak memiliki banyak makna, tidak hanya sekedar sakit dan kesedihan. Ketika bayi tumbuh besar, jika perkembangan mental dan jiwanya terkategori sehat, maka bayi semakin sedikit memiliki alasan untuk menangis dan orangtua semakin mengetahui apa makna dari tangisan sang buah hati. Bagi orangtua baru, tangisan sang buah hati semuanya terdengar sama.
Ketika dia sudah mulai menangis keras, acapkali orangtua bingung mengartikan apa yang di utarakan anak Apakah dirinya lapar, lelah, sakit.???

Masalah meluas ketika arti tangis yang ada bermakna kesedihan, kekecewaan danketakutan.
Disinilah posisi orang tua sebagai lingkungan pendidikan pertamanya mengambil peran penting membentuk kepribadian dan perkembangan kematangan jiwanya.
Sebagaimana manusia dewasa pada umumnya, diperlukan bentuk dukungan yang menghibur untuk pelipur lara sang buah hati. Karena pada dasarnya, hiburan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar selayaknya makanan dan keselamatan.

Menghibur Bayi yang Ketakutan

Pada awalnya, menenangkan ketakutan pada ANAKsangat berkaitan dengan kontak fisik.
Cara yang paling ampuh menghibur anak adalah dengan menggendongnya.
Pada anak berumur 8-9 bulan, kebanyakan anak sudah mempelajari bentuk ekspresi, jika orangtuanya memberikan ekspresi tenang dan tidak terancam, maka secara alamiah anak juga akan tenang.

Menghisap Ibu Jari dan Dot
Menghisap ibu jari dan dot reaksi alamiah yang menenangkan anak.
Menghisap ibu jari memberikan efek menenangkan pada anak, karena proses ini memunculkan refleks-refleks yang bisa menyebabkan ritme jantung melambat dan otot semakin rileks.
Tidak perlu khawatir jika sang buah hati ditemui sering menghisap ibu jarinya, karena aktifitas ini merupakan indikator sang anak sudah bisa mengembangkan cara-cara lain untuk menenangkan diri.

Tips Praktis Menghibur anak

Jam makan ataupun suhu ruangan. Jika arti tangisan tidak mengindikasikan hal-hal tersebut, maka cobalah beberapa menit menggendong sang buah hati untuk menenangkan dirinya. ANAK mulai bisa bergerak, maka ia akan menjadi penjelajah sejati. Tak heran jika ia menjadi sering memegang barang tertentu dan mulai memiliki mainan favorit.
Setidaknya ada 8 jenis mainan yang sangat disukai si kecil di tahun pertama kehidupan. Orangtua akan menyadari bahwa permainan anak  semakin kompleks seiring bertambahnya kemampuan yang dimiliki si kecil.

Anaki pada usia ini akan sangat menikmati hal yang terlihat ganjil, barang-barang yang mirip dengan orang yang dikenalnya, komedi-komedi tertentu dan mainan yang mudah jatuh. Mainan-mainan ini akan membuat si kecil tertawa keras.

Ada 8 mainan yang sangat disukai si kecil pada usia 1 tahun yaitu:

1. Telepon
Benda ini adalah sumber keingintahuan si kecil dan ia akan suka bermain dengan telepon milik orangtua atau orang lain. Meski demikian ia cenderung tidak terlalu senang jika melihat orangtuanya mengobrol terlalu lama di telepon, hal inilah yang membuat si kecil selalu ingin merebut dan ikut berbicara di telepon.

2. Mainan beroda yang bisa ditarik
Awalnya buah hati akan menarik mainan tersebut sambil duduk, tapi jika ia sudah bisa berjalan maka ia akan menarik mainan tersebut di belakangnya. Hal ini akan menimbulkan kesenangan tersendiri untuk anak.

3. Bola untuk dikejar
Saat bayi sudah mulai bisa berjalan, maka ia akan sangat menikmati bola yang bergulir bolak balik dan akan terus meminta orangtua atau orang lain untuk bermain bersama dengannya.

4. Apa saja yang bisa dijatuhkannya
Jika bayi sudah bisa memegang dan menjatuhkan barang, maka kondisi ini akan menjadi permainan favoritnya dan juga sangat menguji kesabaran orangtua. Segala macam barang yang bisa dipegangnya dengan konsisten serta mudah untuk dijatuhkan akan sangat sering dilakukan si kecil.

5. Mainan susun Balok-balok ringan, gelas plastik, cincin susun atau apapun yang bisa disusun membentuk     seperti menara akan menjadi mainan yang seru. Pada awalnya si kecil akan meminta bantuan orangtua untuk menyusunnya, tapi seiring perkembangannya ia akan bisa melakukannya sendiri.

6. Wadah Si kecil akan sangat menyukai menaruh barang di dalam wadah tertentu lalu mengeluarkannya lagi.   Mainan penyortir bentuk adalah pilihan yang baik untuk menantang si kecil, karena barang tersebut akan bisa masuk ke dalam wadah jika sesuai dengan bentuk lubangnya. Tapi jika anak sudah kesal, maka ia akan mencopot tutup mainan dan memasukkan semua bentuk secara langsung ke dalam wadah.
7. Bermain dengan kotak. Bila anda memiliki kotak-kotak kecil, ajarkan ia untuk menumpuknya.
       Setelah cukup tinggi pindahkan ke tempat lain
8. Bermain tebak-tebakan dengan menggunakan kejadian yang dialaminya sehari-hari.
       Saya sering melakukan ini. Sambil masih memelototi komputer saya biasa menanyakan apa yang dilakukan anak-anak saya waktu di sekolah.

Cara Agar Anak Tetap Bermain


Berapa sering  mengganggu orang tua yang sedang mengerjakan sesuatu dan itu penting ?
Perlu  kita sadari bahwa kapasitas otak anak besar sekali pada saat ia mulai terbiasa mencari tahu segala hal.
Dan seringkali “tidak tepat” dengan waktu yang kita sediakan untuknya. Orangtua sebaiknya bekerja sama untuk menyibukkan anak pada saat yang lain sedang beraktifitas tidak bisa diganggu,

0 comments:

Posting Komentar