TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

MENGENAL TANGIS BAYI

· · 0 comments

MENGENALI TANGIS BAYI

Mengapa Bayi Anda Menangis?

Tangisan bayi ternyata mempunyai suara yang berbeda-beda untuk mengungkapkan setiap keinginannya.
Anda akan belajar pelahan-lahan untuk memahami arti dari setiap tangisan bayi anda.

Mengapa bayi selalu menangis? Bayi menangis sebab ini satu-satunya cara mereka berkomunikasi dengan orang tuanya.
Sebagai orang tua baru anda akan merasa bahwa semua tangisan terdengar sama dan bertanya apa sebenarnya yang diingikan bayi anda. Tapi dengan berjalannya waktu anda akan belajar pelahan-lahan memahami arti dari setiap tangisan bayi anda, sehingga anda tidak menjadi panic atau putus asa karena tangisannya lagi.

Yakinlah bersamaan dengan waktu anda akan belajar bahwa tangisan bayi mempunyai suara yang berbeda, memang tidak mudah memahaminya, dan memerlukan waktu untuk mengerti arti tangisan bayi anda, serta dibutuhkan kesabaran dari ayah-ibu, tapi disinilah kebahagian menjadi orang tua anda belajar mengerti bayi anda, jangan lupa sikecilpun sedang belajar mengerti anda.

Beberapa alasan mengapa bayi anda menangis:

• Lapar. .Tangisan karena lapar biasanya terus menerus, iramanya teratur, lama kelamaan bertambah keras.
  Check juga kapan terakhir anda memberi makan/susu kepada bayi anda?, Jika bayi belum disusui(ASI) setelah 1-2 jam atau dengan susu formula sekitar 2 jam maka mungkin bayi anda menangis karena lapar.

• Minta Ganti Popok. Bayi juga dapat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, baik itu terasa kotor atau basah pada popoknya dan mereka belum dapat menyatakan ketidaknyaman itu pada kita sehingga mereka hanya menangis. Tangisannya mirip seperti tangisan lapar tapi anda dapat mencek kapan terakhir anda memberikan susu. Pada beberapa bayi tidak menangis meskipun basah atau kotor. Perlunya bagi orang tua untuk mengecek popok si kecil secara berkala, umumnya setelah waktu minum.

• Kedinginan. Bayi baru lahir merasa senang bila dibungkus dengan kain sehingga menjadi hangat. Karena mereka terbiasa dengan kehangatan dan kenyamanan sewaktu mereka dalam rahim ibunya. Sehingga sewaktu anda membuka baju bayi anda untuk dimandikan atau diganti popok, bayi akan menangis sebagai penyataan kehilangan rasa hangat dan nyaman. Tangisan terdengar seperti rintihan. Tapi setelah anda memberikan baju atau selimut bayi akan berhenti menangis. Juga jangan terlalu membungkus rapat atau memberikan baju yang berlebihan karena bayi juga dapat merasa kepanasan.


• Minta digendong dan dipeluk. Bayi sangat senang melihat wajah orang tuanya mendengar suara, detak jantung dan mencium bau tubuh ibu (terutama bau dari air susu ibu). Mereka senang untuk dipeluk setelah selesai disusui, dimandikan atau digantikan popoknya, dan yakinlah bayi anda akan tertidur dalam pelukan/gendongan anda. Jadi bayipun menangis untuk menarik perhatian anda.

• Kelelahan. Beberapa bayi yang tidak terbiasa dengan lingkungan baru akan menangis ketika mereka merasa lelah, dan biasanya bayi yang belum tidur sejenak, maka akan lebih mudah rewel, dan akna mulai menangis dengan gangguan kecil saja. Kita dapat menilai kalau bayi kelelahan dengan melihat bayi mengusap-usap matanya atau telinganya. Anda dapat menghindari hal ini dengan selalu memberikan waktu rutin dimana bayi mempunyai waktu untuk istirahat.


• Stimulus yang berlebihan. Tidak semua bayi dapat beradaptasi dengan mudah pada lingkungan barunya. Jika bayi berada di tempat baru dengan banyak wajah-wajah baru, yang ingin mengendongnya bergantian, bagi bayi dapat menjadi sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Bayi akan menangis karena stimulasi yang berlebihan. Dalam situasi seperti ini tenangkan sikecil, gendong, ajak ketempat yang agak sepi, cobalah untuk membatasi jumlah orang yang akan mengendong bayi anda.

• Bosan. Jangan pikir bayi hanya menangis karena lapar dan basah popok. Bayi anda juga dapat merasa bosan dengan rutin yang ada. Cobalah bawa bayi anda berkeliling dengan tempat duduknya bawalah kemana anda pergi, ikutkan dalam aktivitas anda. Bayi senang melihat warna-warni jadi bila bayi sudah cukup kuat untuk tengkurap anda dapat meletakkan mainan atau buku dengan gambar yang menarik.


• Tangisan karena sakit. Tangisan karena bayi anda kesakitan berbeda dengan tangisa karena lapar, bayi menangis dengan keras, menahan nafas sebentar karena rasa tak enaknya, dan sekali-kali menangis dengan nada yang tinggi. Percayalah terhadap naluri anda ketika bayi menangis tidak dengan seharusnya. Anda dapat membawa ke dokter untuk memastikanya.


• Kolik. Kolik dimana bayi menangis dalam 3 jam sehari atau 3 hari perminggu. Jika bayi menangis dalam kesakitan, mukaya menjadi kemerahan, perutnya tegang, menarik kakinya, dan mengepalkan tangannya, kemungkinan terjadi kolik pada bayi anda. Sekitar 1 dari 5 bayi mengalami kolik tapi biasanya berakhir setelah bayi berusia 3 bulan. Menenangkan bayi yang sedang kolik tidak mudah, karena bayi sedang kesakitan cobalah untuk meringankan kesakitannya dengan memngendong dan mengayunkan perlahan, nyanyikan lagu yang lembut, usaplah punggung atau perutnya. Bila berlanjut bawalah ke dokter secepatnya

Apapun yang anda lakukan ingatlah bahwa bayi anda menangis karena inilah satu-satunya cara komunikasi yang dapat dilakukannya, jadi jangan menjadikan anda putus asa--Bayi anda hanya ingin berbicara pada anda melalui tangisannya.




Kiat Hadapi Tangis si Kecil

Posted by admin in hiperaktif, gangguan konsentrasi, ADHD, masalah di sekolah, makin cerdas, pendidikan, psikologi dan psikiatri Thursday, 4 October 2007 21:06 No Comments

menangis.gifWajah buah hati Anda yang biasanya lucu menggemaskan tiba-tiba menjadi membuat Anda bingung, karena tangisnya yang tak jua berhenti. Masalahnya adalah, Anda tidak memahami tangisnya.

 Saat bayi menangis kita sering menduga-duga penyebabnya. Mungkin dia lapar, mungkin popoknya basah, atau jangan-jangan kembung perutnya. Sebelas poin berikut mungkin akan berguna bagi Anda untuk membuat si kecil lebih tenang.



Pelajari pola tingkahnya
Bagaimana gerak si kecil sebelum menangis? Banyak bergerak, meringis, tangannya menggapai, bibir mungilnya bergerak ke kanan dan ke kiri, perubahan napas. Ini menandakan apakah dia tengah merasa bosan, minta gendong, lapar, atau lelah.
Beri kehangatan

Pada minggu-minggu pertama, bayi menerima banyak perubahan, suara hingar-bingar, cahaya terang, dan dia harus berpindah gendongan. Mungkin si kecil rindu suasana hangat semasa dalam kandungan. Beri dia kehangatan dengan mendekapnya. Biarkan dia mendengar irama musik yang baginya paling indah, yakni detak jantung ibu.
Minta perhatian

“Jangan sering digendong, nanti dia manja.” Ini salah. Justru, dengan lebih banyak didekap, akan timbul “basic trust”. Jadi, seringlah gendong dia, dekap dia.
Waktunya ASI

Dugaan bahwa si kecil menangis karena lapar bisa jadi benar. Perutnya yang kecil belum bisa menahan makanan lebih lama sampai tiba waktu makan berikutnya. Rasa ingin makan bisa meningkat seiring bertambahnya waktu. ASI akan memenuhi rasa lapar itu. ASI cepat dicerna dan cepat diserap sehingga bayi akan cepat lapar lagi. Selain memenuhi rasa lapar, dengan memberikan ASI kedekatan ibu dan bayi akan semakin intens.
Jangan-jangan kolik

Baringkan bayi Anda dalam posisi tengkurap di tangan Anda. Letakkan pipinya pada siku Anda atau gendong dia di pundak, sambil tepuk-tepuk punggungnya. Jangan lupa sendawakan setiap kali bayi habis menyusui.
Bolehkah dibedong?

Bedong atau melilit bayi dengan kain lembut (dengan catatan tidak terlalu kencang) terkadang dapat membuat si kecil merasa aman dan nyaman. Jangan dibedong saat menetek.
Makanan apa yang Anda konsumsi?

Coba catat jam berapa si kecil menangis, coba ingat-ingat makanan apa yang Anda konsumsi sebelumnya? Jika Anda tengah menyusui, makanan yang Anda konsumsi mempengaruhi ASI. Coba hindari makanan tertentu, seperti: kafein, produk susu (susu, keju, yogurt), coklat, kacang.
Mandikan bayi

Mandi terkadang dapat menenangkan si kecil yang sedang menangis (dengan catatan bukan malam hari). Jika ada bath tube, coba berendam bersama bayi Anda. Ini akan menjadi stimulasi yang baik bagi si kecil.
Stop rokok

Jika orangtua merokok, risiko bayi mengalami kolik akan meningkat. Selain itu, rokok juga mempengaruhi kadar prolaktin (hormon yang membantu pembentukan ASI). Jadi, buat apa ambil risiko. Stop merokok sekarang juga.
Nyanyikan lagu

Musik bisa mempengaruhi emosi seseorang, begitu juga pada bayi. Saat dia rewel atau menangis, coba perdengarkan musik. Cara sederhana, sambil digendong, ibu menyanyikan lagu berirama lembut. Atau perdengarkan si kecil dengan musik karya Mozart atau Sebastian Bach.
Mungkin pijat dapat membantu

Sentuhan ibu adalah kehangatan bagi bayi. Sentuhlah bayi dengan lembut, telusuri lika-liku tubuh si kecil dengan lembut. Dengan pijat, sesungguhnya Anda telah menstimulasi otak si kecil. Pijat perut bayi searah jam, sesuai dengan jalannya makan dalam saluran pencernaan.


Memahami Tangis Bayi

Menangis adalah salah satu ekspresi si kecil saat dia tidak nyaman. Namun, menangis dapat menyehatkan karena perasaan sedih terlampiaskan. Episode menangis bisa beragam, bisa hanya beberapa menit, namun juga bisa berjam-jam lamanya. Ini biasanya dialami hal bayi dalam 3 bulan pertama kehidupannya. Bayi yang sedang ‘senang’ pun kadang memilik jam-jam tertentu untuk menangis. Ya begitulah.., bagi bayi, tangis adalah caranya berkomunikasi. Tapi, jangan pula menganggapnya sepele, karena mungkin saja dia terserang gangguan pencernaan seperti kembung atau kolik.

Kuncinya ada pada Anda, kenali tabiat si kecil lewat pola tangisnya, dan jam berapa dia menangis. Yang terpenting, sentuhan kehangatan kulit Anda, saat menggendongnya dapat mengurangi kadar stres bayi sehingga ia menjadi lebih tenang.

0 comments:

Poskan Komentar