TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN
TIPS DAN INFORMASI KESEHATAN MAMA PINTAR

DEMAM PADA ANAK

· · 0 comments



Demam adalah peningkatan terkontrol diatas nilai normal seorang individu. Pengaturan suhu tubuh dilakukan oleh sel-sel saraf yang bersifat termosensitif dan terletak di preoptik atau bagian depan hypothalamus sebagai respon atas perubahan suhu dalam darah. Perubahan suhu ini selanjutnya akan mengarahkan hubungan persarafan dengan reseptor panas dan dingin yang terletak di kulit dan otot.
Respon Termoregulator antara lain berupa: pengarahan kembali aliran darah dari dan ke kulit, peningkatan atau penurunan jumlah keringat, dan respon behavioral seperti mencari tempat yang lebih hangat atau lebih dingin.

Suhu tubuh normal juga bervariasi dalam pola yang teratur setiap harinya. Irama suhu sirkadian ini, atau disebut juga variasi diurnal, berupa penurunanan temperatur di pagi hari dan 1 C lebih tinggi di sore hari.

 Demam diatur dengan cara yang sama seperti suhu tubuh normal dijaga pada lingkungan yang dingin, bedanya adalah pada saat demam, termostat (pengatur suhu) tubuh telah di set pada temperatur yang lebih tinggi.

Setting yang lebih tinggi ini terjadi sebagai respon terhadap adanya pirogen endogen termasuk diantaranya sitokin interleukin (IL-1) dan (IL-6), Tumor necrosing Factor (TNF) a, Interferon-s dan gamma. Leukosit terstimulasi, sel-sel lain yang menghasilkan lipid juga dapat berperan sebagai pirogen endogen.

Mediator lipid terbaik yang telah diteliti adalah prostaglandin E2. Sebagian besar molekul pirogen endogen gagal melewati sawar darah otak karena molekulnya terlampau besar. Namun demikian, organ-organ yang berada dekat di sekitar hipothalamus memiliki sedikit sawar darah otak, dan memungkinkan kontak neuronal dengan faktor yang bersirkulasi melalui kapiler yang terfenestrasi.

 Mikroba, toksin mikroba, atau produk mikroba lain adalah pirogen eksogen yang paling umum. Substansi ini adalah substansi asing yang datang dari luar tubuh, menstimulasi makrofag untuk menghasilkan pirogen endogen yang menyebabkan demam.

Beberapa substansi yang dihasilkan tubuh bukan merupakan pirogen, namun dapat menstimulasi munculnya pirogen endogen. Substansi seperti ini diantaranya misalnya komplek antigen-entibodi pada pembentukan komplemen, komponen komplemen, produk limfosit, asam empedu dan metabolit steroid android.

Endotoksin adalah sedikit dari substansi yang dapat langsung mempengaruhi termoregulasi di hipothalamus sembari menstimulasi munculnya pirogen endogen.

POSTED BY Administrator ON @ 12:03 am | 0 Comments
Ginko Biloba manfaat dan khasiatnya

Ginko biloba, adalah termasuk dalam golongan obat-obatan herbal. Di indonesia kita mengenal obat herbal ini melalui iklan di media cetak dan elektronik tentang khasiat dan keampuhannya sebagai obat herbal yang dapat meningkatkan daya ingat. Apakah memang demikian khasiat binko biloba?

Ginko adalah fitomedicine yang digunakan secara luas di Eropa. Ginko diekstraksi dari daun tumbuhan ginko biloba, yang digunakan untuk menangani gejala awal penyakit Alzheimer-suatu penyakit yang ditandai dengan kemunduran progresif daya ingat, klaudikasio periferal-penyakit gangguan aliran pembuluh darah perifer karena adanya sumbatan, demensia vaskuler, tinitus (telinga berdenging) akibat gangguan vaskuler.

Di Amerika ginko menempati 10 besar penjualan obat-obatan herbal. Ada lebih dari 120 penelitian klinis yang telah dilakukan terhadapnya dan telah dipublikasikan, sebagian besar dilakukan di Eropa.

Khasiat obat ini diyakini dihasilkan oleh mekanisme fungsinya sebagai obat yang melindungi sistem syaraf (neuroprotective agent), antioksidan, penangkap radikal bebas, suatu stabiliser membran dan antiplatelet aktifator melalui mekanisme kerja terpene ginkgolide B.

Efek farmakologis lain antara lain; relaksasi endothel (sel epithel yang terdapat dalam pembuluh darah) melalui penghambatan siklik 3,5 guanesin monofosfat (GMP), inhibisi kehilangan reseptor muskarinik dan alpha adrenoseptor terkait umur, dan stimulasi ambilan kolin pada hipokampus.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan ginko biloba adalah interaksinya dengan beberapa obat-obatan. Karena salah satu khasiat dari ginko adalahantiplatelet aktivator, yang berarti ginko dapat mengencerkan darah, maka disarankan penggunaannya tidak bersamaan dengan obat-obatan antiplatelet seperti; Warfarin, coumadin, aspirin, dan beberapa herbal lain seperti bawang, ginseng, dong quai, red clover dan coumarin alami. Dikawatirkan dengan penggunaan bersamaan akan dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan.


"Dok, anak saya panas sudah dua hari badannya anget."

Kalimat seperti ini seringkali diucapkan ibu-ibu yang datang ke praktek saya waktu saya masih praktek di klinik dulu.

"Baik bu, suhunya berapa?", saya balik bertanya. Kalau si ibu ga bisa menjawab karena belum mengukur suhu anak (lebih sering ga diukur karena ga punya termometer) segera saya ukur sendiri suhunya. Ga jarang, hasilnya menunjukkan 36,7 C atau 36, 8 C nah lho, itu kan suhu normal? Memang suhu normal manusia berada pada kisaran 36,5 - 37,5 C.

Tapi seringkali kita sudah terlanjur panik kalau anak ‘agak anget’. Sebenarnya ga perlu ada yang dipanikin kalau kita yakin bahwa anak kita sehat-sehat saja sebelumnya. Panas atau demam (bahasa bakunya) adalah mekanisme tubuh ketika melawan adanya benda asing berupa virus, bakteri, atau parasit yang masuk ke dalam tubuh kita.

Jadi, ketika mekanisme pertahanan tubuh kita berhasil melawan agen asing yang masuk, maka panas akan turun dengan sendirinya. Tapi tentu saja banyak dari kita yang akan terlanjur gelisah melihat anak yang biasanya ceria tiba-tiba lesu karena demam. Bahkan kadang disertai dengan mengigau (siapa yang tega?).

Selanjutnya, apa yang perlu dilakukan kalau anak kita demam/panas? ya yang pertama tentulah diukur suhunya. Kalau sudah jelas tinggi barulah diturunkan. Suhu boleh diturunkan dengan obat-obatan kalau suhu anak lebih dari 38,5 C. Kalau suhunya kurang dari itu? gunakan saja kompres. Mudah, murah, dan aman, itulah keuntungan kompres.

Tidak perlu dengan alkohol, air es, atau air kembang, cukup dengan air dingin saja. Bagian mana yang dikompres? saya menyarankan bagian dahi (atau bathuk bahasa jawanya), ketiak, dan lipat paha. Kok di daerah ini? ga di jempol, ujung hidung atau di siku? di daerah itupun sebenarnya sah-sah aja dilakukan kalau mau, tapi panasnya tentu akan turun lebih lama.

Sedangkan didaerah yang saya sebutkan sebelumnya akan menurunkan panas lebih cepat karena daerah tersebut  banyak sirkulasi darahnya (dahi) dan dilalui pembuluh darah besar (ketiak dan lipat paha).Demam adalah peningkatan terkontrol diatas nilai normal seorang individu.

Pengaturan suhu tubuh dilakukan oleh sel-sel saraf yang bersifat termosensitif dan terletak di preoptik atau bagian depan hypothalamus sebagai respon atas perubahan suhu dalam darah.

Perubahan suhu ini selanjutnya akan mengarahkan hubungan persarafan dengan reseptor panas dan dingin yang terletak di kulit dan otot. Respon Termoregulator antara lain berupa: pengarahan kembali aliran darah dari dan ke kulit, peningkatan atau penurunan jumlah keringat, dan respon behavioral seperti mencari tempat yang lebih hangat atau lebih dingin.

Suhu tubuh normal juga bervariasi dalam pola yang teratur setiap harinya. Irama suhu sirkadian ini, atau disebut juga variasi diurnal, berupa penurunanan temperatur di pagi hari dan 1 C lebih tinggi di sore hari.

 Demam diatur dengan cara yang sama seperti suhu tubuh normal dijaga pada lingkungan yang dingin, bedanya adalah pada saat demam, termostat (pengatur suhu) tubuh telah di set pada temperatur yang lebih tinggi.  Setting yang lebih tinggi ini terjadi sebagai respon terhadap adanya pirogen endogen termasuk diantaranya sitokin interleukin (IL-1) dan (IL-6), Tumor necrosing Factor (TNF) a, Interferon-s dan gamma.

Leukosit terstimulasi, sel-sel lain yang menghasilkan lipid juga dapat berperan sebagai pirogen endogen.  Mediator lipid terbaik yang telah diteliti adalah prostaglandin E2. Sebagian besar molekul pirogen endogen gagal melewati sawar darah otak karena molekulnya terlampau besar.

Namun demikian, organ-organ yang berada dekat di sekitar hipothalamus memiliki sedikit sawar darah otak, dan memungkinkan kontak neuronal dengan faktor yang bersirkulasi melalui kapiler yang terfenestrasi.

 Mikroba, toksin mikroba, atau produk mikroba lain adalah pirogen eksogen yang paling umum. Substansi ini adalah substansi asing yang datang dari luar tubuh, menstimulasi makrofag untuk menghasilkan pirogen endogen yang menyebabkan demam.

Beberapa substansi yang dihasilkan tubuh bukan merupakan pirogen, namun dapat menstimulasi munculnya pirogen endogen. Substansi seperti ini diantaranya misalnya komplek antigen-entibodi pada pembentukan komplemen, komponen komplemen, produk limfosit, asam empedu dan metabolit steroid android.

Endotoksin adalah sedikit dari substansi yang dapat langsung mempengaruhi termoregulasi di hipothalamus sembari menstimulasi munculnya pirogen endogen.

0 comments:

Posting Komentar